Teknologi “Hawk Eye” akan Digunakan di Piala Amerika

Washington, thetanjungpuratimes.com – Teknologi “Hawk-Eye” akan digunakan untuk menentukan apakah bola telah melewati garis gawang atau belum pada Piala Amerika Centenario bulan depan di AS.

Sistem berbasis kamera dari perusahaan Britania itu, yang telah digunakan secara luas di tenis dan kriket serta pada Piala Dunia 2014, akan dipasang di kesepuluh stadion yang menjadi tempat pelaksanaan kejuaraan sepak bola tertua ini.

“Hawk-Eye” juga telah digunakan pada Piala Dunia Putri 2015, dan sejumlah liga dan federasi papan atas dunia, termasuk UEFA, Liga Inggris, dan Liga Jerman.

Sistem itu menggunakan tujuh kamera untuk melacak jalur bola, mengindikasikan kepada wasit melalui getaran untuk menentukan apakah gol telah terjadi. Para wasit masih akan dibantu asisten-asisten wasit tambahan.

Piala Amerika merupakan kejuaraan Amerika Selatan versi 16 tim yang telah ditambah pesertanya sebanyak empat tim, dan diselenggarkan di luar negara anggota federasi Amerika Selatan CONMEBOL untuk pertama kalinya.

Tuan rumah AS akan meluncurkan turnamen dengan memainkan pertandingan Grup A melawan Kolombia di Stadion Levi’s di Santa Clara, Kalifornia pada 3 Juni.

Final akan diselenggarakan pada 26 Juni di Stadion Metlife di Rutherford Timur, New Jersey.

(Ant/Dede)

Related Posts