Dinas Kesehatan Kubu Raya Nyatakan Dana Kapitasi Sudah Disalurkan ke Puskesmas

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya Berli Hamdani menjelaskan bahwa dana kapitasi, tahun 2014 dan 2015 sudah disalurkan ke puskesmas semua.

“Penggunaannya berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2014 bahwa untuk jasa pelayanan kesehatan sebesar 60 persen dan 40 persennya untuk penunjang operasional pelayanan kesehatan,” kata dia, saat dihubungi, Minggu (29/5).

Disitu nanti, jelas dia, akan dibagikan kepada petugas medis di pelayanan kesehatan tersebut dan sisanya juga untuk membeli obat yang tidak ada di puskesmas, rehab ringan puskesmas, penunjang administrasi, penyuluhan dan pembinaan.

Sejatinya, kata dia, dana kapitasi yang merupakan iuran masyarakat merupakan mekanisme pembiayaan dalam sistem Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN terhadap Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Di tahun 2014, ujar dia, dana kapitasi yang disalurkan ke Kubu Raya hanya Rp6 miliar lebih, kemudian tahun 2015 Rp14,4 miliar dan di tahun 2016 mencapai Rp20 miliar.

(Faisal/Dede)

Related Posts