Peternak di Kemadin Hulu Berhasil Kembangkan Bantuan Pemerintah

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Kapuas Hulu Maryatiningsih mengatakan, Kelompok Kedamin Kreatif Kelurahan Kedamin Hulu, Kecamatan Putussibau Selatan sudah berhasil mengembangkan ternak sapi bantuan Pemerintah sejak tahun 2007 lalu.

“Awalnya jumlah ternak di kelompok tersebut berjumlah 18 ekor sapi. Hingga sekarang bertambah menjadi 21 ekor. Adapun pola yang dilakukan oleh kelompok yakni penggemukan, pembibitan hingga jual beli sapi untuk menambah pendapatan kelompok kedamin kreatif,” ungkap Maryatiningsih, Minggu (29/5).

Kelompok peternak ini juga memanfaatkan kotoraan padat dari kotoran sapi untuk dijadikan pupuk organik yang bisa dimanfaatkan oleh kelompok maupun masyarakat umum di lahan pertanian masing-masing. Hanya saja kotoran cair yang belum diolah secara maksimal.

“Tahun 2015, kelompok KK ini membentuk kelompok Wanita Tani Kedamin Kreatif yang bergerak dibidang peternakan ayam buras,” papar Maryatiningsih.

Untuk kelompok peternak wanitanya, kata Maryatiningsih beranggotakan 10 orang. Mereka sudah mendapatkan bantuan ayam buras sebanyak 2000 ekor, berikut fasilitas pendukung seperti pakan, tempat pakan, wadah minum, peralatan bio security, vitamin serta obat-obatan.

Inovasi lain yang buat kelompok peternak kedamin kreatif dalam menyediakan kebutuhan makanan ternak dengan membuka kebun HMT (Hijauan Makanan Ternak) hal ini dilakukan karena minimnya ketersediaan rumput.

“Dengan adanya HMT ini sangat membantu kelompok dalam pemenuhan pakan ternak,” tutupnya.

Maryatiningsih pun mengapresiasi apa telah dilakukan  Kelompok Kedamin Kreatif. Dengan memaksimalkan bantuan pemerintah, dapat memberi kesejahteraan bagi kelompok itu sendiri.

“Melihat apa yang dibantu berhasil, itu menjadi suatu kebanggan tentunya. Dengan demikian Pemerintah sudah berhasil memberdayakan masyarakat,” tutupnya.

(yohanes/Dede)

Related Posts