Generasi Muda Pulau Maya Karimata Harus Jaga NKRI

Kayong Utara, thetanjungpuratimes.com – Generasi muda harus memiliki semangat juang, untuk menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini disampaikan Komandan Koramil 08/Pulau Maya Karimata Kodim 1203/Ketapang,  Lettu Inf Suyono saat mengisi  materi Bela Negara  di Aula Kantor Camat Pulau Maya Karimata, Kabupaten Kayong Utara, Senin (30/5).

Menurut Danramil, penyampaian materi bela negara kepada siswa-siswi SMK  dan SMP 1 Pulau Maya, untuk memberikan wawasan tentang mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara, melestarikan budaya serta mejalankan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan UUD 1945.

“Kalau bukan kita selaku generasi muda yang menjaga dan mempertahankan negara ini, siapa lagi,” tegas Danramil.

Semangat juang dan patah semangat yang dimiliki kaum muda, hendaknya dimanfaatkan sebagai dasar pergerakan pemuda dalam usaha pembelaan negara, yang dilakukan dengan cara mengisi kemerdekaan, dengan manampilkan sikap-sikap positif, yang sesuai dengan ideologi bangsa dan konstitusi yang berlaku di indonesia,” terangnya.

Selain itu, semangat bela negara dapat tercermin dari adanya kesadaran pemuda, akan aturan-aturan yang harus dipatuhi dan dilaksanakan, serta adanya ketaatanhukum yang berlaku.

Sementara Camat Pulau Maya Karimata, Syaipul mengatakan, kegiatan bela Negara bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya siswa-siswi  SMK dan SMP 1 Pulau Maya Karimata, agar mempunyai kebanggaan menjadi warga negara dan tanah air Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. (Rizal/Yuniar)

Related Posts