543 Pengendara Ditilang Pada Operasi Patuh Kapuas di Sanggau

Sanggau, thetanjungpuratimes.com – Sedikitnya 543 pengendara terkena tilang saat digelar Operasi Patuh Kapuas tahun 2016, sejak 16 hingga 29 Mei 2016. Jumlah tersebut naik 98,90 persen dari tahun sebelumnya, yang hanya berjumlah 273 pengendara yang ditilang.

Kepolres Sanggau, AKBP Donny Charles Go S Ik melalui Kasat Lantas Polres Sanggau, Iptu Dwi Dio menuturkan, kenaikan pelanggaran lalu lintas jalan raya di Kabupaten Sanggau pada tahun 2016 ini mendekati seratus persen. Hal ini menunjukkan betapa lemahnya kesadaran masyarakat di Kabupaten Sanggau terhadap ketertiban berlalu lintas.

“Betapa tingginya kenaikan pelanggaran itu, mencapai 98 persen. Bayangkan apa yang terjadi, jika tidak ada polisi lalu lintas. Bisa lebih lebih banyak lagi pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Sanggau ini,” jelasnya, Selasa (31/5).

Jumlah tilang dengan teguran kata Dio, justru terbanding terbalik. Saat operasi patuh kemarin, hanya dilakukan 213 teguran.

“Artinya mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang berjumlah 310 teguran,” imbuhnya.

Kemudian mengenai korban kecelakaan lalu lintas kata Dio, sejauh ini belum ada korban meninggal dunia. Sementara, untuk korban luka berat maupun ringan masing-masing dua orang.

“Kerugian material yang ditimbulkan sekitar Rp10 juta atau naik 66,6 persen dari tahun sebelumnya,” jelas Dio.

Kendati operasi patuh telah usai, Dio meminta masyarakat mulai membiasakan untuk membangun kesadaran berlalu lintas.

“Jangan hanya mau tertib kalau ada polisi razia. Kalau tidak ada mulai tidak pakai helm, tidak bawa surat menyurat dan sebagainya,” ujarnya.

Ditegaskan, pelaksanaan operasi patuh pada dasarnya sebagai bentuk evaluasi ketertiban berlalu lintas khususnya di Kabupaten Sanggau. Hal ini untuk melihat sejauh mana sikap dan perilaku masyarakat dalam berkendara di jalan raya.

“Dalam operasi ini kita semua bisa lihat, kesadaran tertib berlalu lintas masih rendah di Kabupaten Sanggau ini. Untuk itu, mari kita bersama-sama menjadi perlopor tertib berlalu lintas,” pungkasnya. (Muhammad/Yuniar)

Related Posts