Beberapa Ruas Jalan di Sanggau Rawan Longsor

Sanggau, thetanjungpuratimes.com – Sejumlah titik pada ruas jalan negara, yang menghubungkan Kota Sanggau-Desa Semuntai, Kecamatan Mukok rawan longsor. Beberapa titik diantaranya di lingkungan Engkayas, Sungai Pelanduk dan Penyeladi.  Longsor juga mengancam ambrolnya badan, khususnya di pesisir Sungai Kapuas.  Sementara di tebing, mengancam menutupi badan jalan.

“Ada dua yang rawan longsor yang mengancam badan jalan. Dan sebaliknya, jika tebing longsor maka badan jalan akan tertutup,”  terang Dali Suwandhi, warga Kota Sanggau,  Selasa (31/5).

Menurut Dali,  untuk tebing sangat rawan longsor terutama saat curah hujan tinggi. Untuk itu, para pengguna kendaraan yang melintas harus bersiaga.

“Bahaya sekali, apalagi jika hari hujan. Untuk itu pengendara harus hati-hati, karena material tanah tebing turun ke jalan,” ungkapnya.

Senada dilontarkan Tasit, warga setempat yang mengatakan, pemerintah harus memberikan perhatian khusus pada ruas jalan yang rawan terkena longsor.

“Ruas jalan yang rawan longsor ini, harus mendapatkan perhatian khusus,” pintanya.

Selain itu kata Tasit, terdapat beberapa titik ruas jalan sepanjang puluhan kilo meter  yang minim plang atau papan imbauan bahaya tanah longsor. Demikian pula dengan pagar besi yang berada di sisi tebing jalan.

“hal ini agar pengguna jalan mengetahui adanya bahaya longsor. Demikian pula dengan pagar besi pengaman di tepi tebing, mestinya diperbanyak,” pungkasnya. (Muhammad/Yuniar)

Related Posts