Tanamkan Nilai Agama Melalui Khataman Quran

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Anggota DPRD Kalbar, Prabasa Anantatur mengatakan, Kabupaten Sambas masih kental dengan nuansa religius. Sebagai orang tua, sudah menjadi tugas menjaganya, sehingga anak-anak tidak terjerumus pergaulan bebas dan memahami nilai agama.

Khataman quran yang dilantunkan pelajar lulusan SD menurut Prabasa patut dicontoh, karena dari sejak dini sudah ditanamkan nilai-nilai agama, sehingga kelak bisa menjadi bekal bagi mereka di masa yang akan datang. Apalagi saat ini, pengaruh media sosial sangat besar, tentu dapat merubah pola pikir anak-anak.

“Kalau dulu, saat magrib kita diharuskan sholat berjama’ah, setelah itu langsung mengaji.  Tetapi sekarang situasinya berbeda, saat magrib anak-anak masih nongkrong main internet di warnet,” ujar Prabasa, Selasa (31/5), pada kegiatan Khataman Quran, di SDN 08, Desa Tengguli, Kecamatan Sajad Kabupaten Sambas.

Situasi ini, dikatakannya sangat memperihatinkan. “Ini harus kita antisipasi bersama, jangan sampai anak-anak kita, lupa akan budaya kita,” imbaunya.

Situasi ini tentu menjadi dilema, dimana anak-anak kecil saat ini, sudah kenal obat-obat terlarang dan miras. Jika dibiarkan, lanjutnya, maka generasi muda akan hancur.  Oleh karena itu, sebagai orang Sambas, dirinya menginginkan generasi penerus ini bisa memposisikan dirinya sebagai orang yang mempunyai pribadi santun, serta menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan.

“Kalau tidak kita, siapa lagi yang akan mengingatkan anak-anak kita. Kalau tidak sekarang, kapan lagi. Apalagi Kabupaten Sambas berbatasan langsung dengan negara tetangga, sehingga kita harus selalu waspada,” ujarnya.   (Gindra/Yuniar)

Related Posts