Badai Petir, BMKG Ketapang Imbau Tak Gunakan Telepon Genggam di Ruang Terbuka

Ketapang, thetanjungpuratimes.com – Badan Meterologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kabupaten Ketapang mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan telepon genggam di ruangan terbuka saat cuaca mendung dan ada kilatan petir.

Kepala BMKG Ketapang, Nur Alim mengatakan kondisi di Kabupaten Ketapang akan memasuki cuaca yang ekstrem, yakni akan terjadi hujan disertai angin kencang dan badai petir.

“Kita minta warga yang berada di ruangan terbuka tidak menggunakan telepon genggamlah, terlebih seperti para petani yang berada di ladang jangan sampai menggunakan atau membawa telepon saat beraktivitas dalam kondisi cuaca mendung dan kilatan petir,” ungkap Nur Alim di Ketapang, Kamis (2/6).

Imbauan itu, kata Nur Alim bukanlah tanpa alasan. Menurutnya gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh telepon genggam dapat memicu sambaran petir ke penggunanya.

“Jadi warga yang memang bekerja di ruangan terbuka seperti petani di ladang, nelayan di laut kita minta waspada terhadap dampak cuaca cukup ekstrim yang dapat memicu terjadinya angin kencang atau sambaran petir,” jelasnya.

Nur Alim mengatakan, berdasarkan prakiraan BMKG kondisi cuaca ekstrim akan terjadi hingga hari Sabtu (4/6) mendatang.

(Rasmun/Dede)

Related Posts