Masyarakat Ketapang Desak Polisi Usut Tuntas Kasus Kebakaran Kantor KPU

Ketapang, thetanjungpuratimes.com  – Tokoh Masyarakat Kabupaten Ketapang Herman Wimpy meminta Polda Kalbar untuk mengusut tuntas kasus dugaan pembakaran Kantor KPU Ketapang yang terjadi pada 20 Agustus 2015 lalu.

Pasalnya, kata dia, 10 bulan pascaperistiwa itu, Polres Ketapang belum menahan satupun pelakunya.

“Sejauh  ini (10 bulan-red) belum juga ada kejelasan dan kepastian mengenai siapa pelaku dan apa motif dari upaya pembakaran kantor KPU Ketapang,” ungkapnya saat ditemui di Ketapang, Kamis (2/6).

Menurutnya, kasus tersebut menjadi tanda tanya besar bagi warga Ketapang, karena menurutnya itu merupakan bentuk teror kepada penyelenggara demokrasi negara yaitu Komisi Pemilihan Umum.

Ia mengaku sudah beberapa kali mendatangi Polres Ketapang guna menyakan perkembangan kasus itu, namun belum ada kejelasan yang pasti.

Untuk itu, dirinya berharap agar kasus pembakaran kantor KPU dapat menjadi atensi bagi Polda Kalbar maupun Polres Ketapang, mengingat dalam kurun waktu beberapa tahun kedepan Kalbar khususnya di Ketapang sendiri akan menghadapi beberapa pemilu baik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Legislatatif.

“Kalau pelakunya tidak kunjung ditangkap, tentu akan jadi peringatan bagi pelaksana demokrasi baik itu KPU maupun Panwas karena bisa saja hal serupa terjadi lagi akibat tidak adanya pelaku pembakaran kantor KPU yang sampai saat ini tidak tertangkap,” paparnya .

Hermanpun meminta kepada Kapolda Baru Kalbar, Brigjen Musyafak untuk dapat membantu dalam penyelesaian kasus pembakaran kantor KPU Ketapang dengan mengintruksikan jajaran Polres Ketapang agar lebih ekstra mengungkap kasus ini.

“Karena kita ketahui tidak hanya kasus pembakaran kantor KPU yang belum tuntas, ada kasus lainnya, hanya saja kita harap kasus pembakaran KPU dapat menjadi atensi mengingat kasus tersebut merupakan teror dalam berdemokrasi, jika memang tidak dapat diselesaikan kita harap Kapolda mengevaluasi Polres Ketapang,” tegasnya .
(Rasmun/Dede)

Related Posts