Pengamanan Polres Sambas Selama Bulan Ramadan

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Jajaran Polres Sambas akan melaksanakan pengamanan terhadap 92 masjid di kabupaten ini pada saat pelaksanaan salat tarawih pertama memasuki bulan suci Ramadan.

“Tidak hanya di hari pertama Tarawi, namun pengamanan akan dilakukan selama bulan suci Ramadan,” kata Kapolres Sambas, AKBP Sunario SIK MH, melalui Kabagops, Kompol Jajang, kepada wartawan, Jumat (3/6).

Menurutnya, pengamanan yang akan dilakukan dari jajaran Polres dibantu Polsek yang ada di Kabupaten Sambas.

“Minimal dua orang anggota melakukan penjagaan di setiap Masjid,” katanya.

Selain penjagaan masjid, jajaran Polres Sambas juga menggelar patroli guna mengantisipasi tindak kejahatan pencurian rumah warga, saat ditinggalkan untuk menunaikan salat tarawih. Namun, Jajang berharap, kewaspadaan dilakukan warga. Misalnya meninggalkan rumah dalam keaadaan terkunci dengan baik, kompor sudah dimatikan, listrik ataupun penggunaan elektronik sudah dalam kondisi tercabut.

“Kita berharap warga tidak lalai. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tuturnya.

Polres Sambas juga akan melaksanakan gerebeg sahur. Kegiatan yang rutin tiap setiap bulan Ramadan ini, selain mengantisipasi tindak kejahatan di pemukiman warga, sekaligus membangunkan atau mengingatkan masyarakat khususnya umat muslim untuk melaksanakan sahur.

Kegiatan lainnya memasuki Ramadan, yakni pengamanan titik pasar juadah. Di Kecamatan Sambas sendiri, diperkirakan ada empat lokasi yakni di Pasar Pagi, Jalan Gusti Hamzah dekat Lapangan Gabsis, Jalan Gusti Hamzah di Pasar Sambas dan di Dalam Kaum.

“Selain menempatkan petugas di lokasi pasar juadah untuk mengurai kemacetan jika terjadi. Juga bagian dari pencegahan tindak kejahatan di tempat ramainya warga berkumpul,” ungkapnya.

Kabagops mengharapkan, warga terutama pengguna kendaraan bermotor, ketika saat berbelanja di pasar juadah, untuk memarkir kendaraannya di tempat yang ditentukan, atau jangan sampai mengganggu kelancaran lalu lintas.

“Sementara untuk pengamanan pasar juadah di kecamatan lainnya, di bawah jajaran polsek masing-masing,” ujarnya.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama Ramadan, merupakan satu kesatuan Operasi Ramadaniah 2016, sebagai upaya jajaran kepolisian memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, terutama warga yang melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan. Dan kegiatan ini akan berlanjut, hingga memasuki Hari Raya Idul Fitri. (Gindra/Yuniar)

Related Posts