Dinas Pertanian Kubu Raya Imbau Petani Tak Bakar Lahan saat Musim Tanam

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kubu Raya, Gandi Satyagraha meminta petani tidak membakar lahan saat memasuki musim tanam.

“Teknis yang dilakukan tanpa membakar lahan sebenarnya sudah membudaya dikalangan petani kita, cuma harus tetap diingatkan mereka bahwa cara membakar tidak diperbolehkan dan melanggar hukum,” katanya saat dihubungi, Minggu (5/6).

Ia mengatakan saat ini Pemkab Kubu Raya memiliki tenaga penyuluhan pertanian di lapangan yang setiap saat melakukan sosialisasi baik dalam bentuk program, maupun dalam bentuk kegiatan yang kesehariannya selalu dilakukan yaitu kegiatan temu lapang.

Terkait dengan lahan gambut yang menurut masyarakat memang harus dibakar untuk menghilangkan zat asam pada tanah, kata dia, bisa digunakan dengan cara pengapuran tanah.

Ketika di singgung apakah tenaga penyuluh pertanian tidak bekerja secara maksimal di lapangan lantaran masih adanya petani yang membuka lahan dengan cara dibakar, dirinya menjelaskan akan meminta informasi kepada petani sejauh mana peran PPL melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada petani.

Diakui Gandi, jika jumlah penyuluh pertanian memang sangat minim, karena masih ada di beberapa desa di Kubu Raya yang sampai saat ini tidak memiliki PPL.

(Faisal/Dede)

Related Posts