Sutarmidji Ajak Warga Pontianak “Nonton” Pontien

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Walikota Pontianak, Sutarmidji mengakui jika film Pontien sangat menarik, karena mengangkat isu lingkungan di dalam ceritanya. Makanya, Sutarmidji mengajak masyarakat Kota Pontianak untuk menonton film Pontien.

“Pemain film ini kebanyakan dari Kalbar, begitu juga sutradaranya, jadi harus kita dukung,” katanya kepada wartawan.

Sementara Sutradara film Pontien, Agung Triatmodjo mengaku, alasan dirinya mengangkat Pontianak dalam film yang akan tayang di layar lebar pada tanggal 9 Juni 2016 nanti,  agar warga Kota Pontianak bisa bangga dengan sejarah dan kemultietnisan budaya yang ada di ibukota Provinsi Kalimantan Barat ini.

“Saya ingin memberitahukan kepada masyarakat untuk mencintai sejarah lokal dan kemultietnisan Pontianak, agar kota kita mampu menyerap wisatawan dari luar untuk berkunjung ke Pontianak,” jelasnya.

Bahkan melalui film ini, Kota Pontianak bisa menjadi tempat favourit para wisatawan layaknya film Laskar Pelangi, yang mengangkat Kota Belitong sehingga daerah tersebut menjadi destinasi tempat wisata favorit para pelancong.

Selain itu, Agung membantah tuduhan beberapa pihak jika selama satu tahun lebih film Pontien tidak bisa ditayangkan akibat ditahan oleh pihak tertentu.

“Hal ini karena proses sensor dari pihak Lembaga Sensor Film yang terlalu lama. Mereka memperhatikan sedetail mungkin penyensorannya supaya film ini layak tayang dan dinikmati semua kalangan,” ungkapnya.

Padahal, penayangan sebuah film untuk di proses oleh Lembaga Sensor Film hanya memakan waktu empat bulan saja.

Agung berharap, dengan adanya film pertama asli buatan anak Kalimantan Barat, khususnya Kota Pontianak, dapat menjadi motivasi para sineas muda Kota Pontianak yang dapat menghasilkan karya film di tingkat nasional layaknya film Pontien. (Kurniawati/Yuniar)

Related Posts