Pemkab Mempawah Dukung Komunitas Kreatif

Mempawah, Thetanjungpuratimes.com – Tibanya bulan suci Ramadan disambut antusias kaum muslimin Kabupaten Mempawah. Setelah pawai taaruf di Sabtu (4/6) pagi, malamnya digelar pentas seni bertajuk “Marhaban Ya Ramadan Ceria” di Taman Ria Terminal Mempawah. Digelar Komunitas Satu Periok Mempawah, pentas perdana menyambut Ramadan itu didukung langsung Bupati Ria Norsan.

Tak semata hiburan, acara yang digelar salah satu komunitas kreatif kota Mempawah itu diwarnai pemberian santunan untuk anak yatim dan guru ngaji serta pembagian hadiah kepada warga. Selain memeriahkan datangnya bulan suci Ramadan, Bupati Ria Norsan berharap pentas seni yang digelar juga mampu menyemarakkan kota Mempawah.

“Pentas ini dibuat adalah untuk masyarakat Kabupaten Mempawah. Kami selaku pemerintah daerah sudah menyiapkan prasarana, tinggal bagaimana generasi muda mengisinya. Malam ini kita coba memberikan hiburan kepada masyarakat, supaya nantinya setelah kita Ramadan dan Lebaran pentas ini bisa terus digunakan secara rutin,” tuturnya.

Norsan menegaskan Pemerintah daerah membuka ruang sebesar-besarnya bagi setiap anak daerah untuk unjuk bakat di pentas tersebut. Lebih jauh, bahkan, ia menyebut pemerintah daerah siap memberikan kompensasi bagi penampil yang dinilai tampil baik.

“Setiap akhir pekan malam silakan mereka yang punya kreasi dan inovasi untuk mentas di sini. Gratis, tidak bayar. Bahkan seandainya grup itu memang bagus, kami yang akan membayarnya. Kita kan banyak organisasi kesenian di Mempawah ini. Tujuan kita malam ini adalah meramaikan Mempawah. Kalau bukan kita siapa lagi, dan kalau tidak sekarang kapan lagi. Jadi anak-anak muda Mempawah ayo berkreasi dan berinovasi untuk membangun kabupaten yang kita cintai ini,” tuturnya mengajak.

Humas Komunitas Satu Periok, Yoso Miharjo, mengatakan pentas seni digelar pihaknya untuk menyemarakan tibanya bulan suci Ramadan. Tak hanya diisi aksi sosial, acara juga dimeriahkan penampilan dua penyanyi yang didatangkan dari luar daerah. Menurut Yoso, pentas seni nanti merupakan kali pertama yang digelar pihaknya dalam menyambut Ramadan.

“Kita memanfaatkan keberadaan pentas terbuka di Taman Terminal Mempawah yang telah diadakan pemerintah daerah. Bupati Ria Norsan sendiri memang mengharapkan anak-anak muda dan para insan seni di Mempawah ini untuk memanfaatkan keberadaan sarana yang ada itu sebagai wadah menyalurkan minat dan bakat,” sebutnya.

Dia mengungkapkan dana santunan anak yatim dan guru mengaji serta pemberian hadiah kejutan berasal dari komunitas dan pribadi Ria Norsan.

“Begitu pula doorprize atau hadiah kejutan merupakan sumbangan dari Bupati Norsan,” imbuhnya.

(Hamzah/Dede)

Related Posts