Polisi Imbau Pemilik Warnet Batasi Jam Operasional Selama Ramadan

Pelajar main di warnet

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Kapolsekta Sambas AKP Agus Rianto mengimbau kepada pemilik Warung Internet (Warnet) untuk membatasi jam operasionalnya saat bulan puasa.

Sesuai hasil pengecekan di lapangan menurut Agus, ternyata pemilik warnet masih tidak konsisten dalam membuka usaha warnet, karena sesuai kesepakatan sudah harus tutup pada pukul 23.00 Wib.

“Memang pukul 23.00 pintu warnet sudah ditutup, namun faktanya, aktivitas internet masih dilakukan, sehingga harus ada upaya bersama mencegah anak-anak kita agat tidak kecanduan oleh game online,” ujar Agus, Senin (6/6).

Jika buka hingga larut  malam, kata dia, dampak dari warnet ini sangat luas, terutama yang menyediakan game online, sebab untuk game online harus bayar, ketika kecanduan, mereka bisa melakukan apa saja untuk bisa bermain game online.

“Ada beberapa kasus, akibat game online, mereka bahkan nekat melakukan kejahatan, dengan mencuri, tujuannya agar bisa bermain game online, jadi permainan ini seperti narkoba, dampaknya bisa menyebabkan kecanduan,” ungkap Agus.

Agus mengimbau para orangtua agar dapat mengawasi anak-anaknya, hindari permainan game online atau internet, apalagi sampai membuka situs-situs porno, karena dapat memunculkan dampak negatif dalam pergaulan anak, sehingga perlu pengawasan ekstra terhadap aktivitas anak.

“Dampak internet ini bisa membuat anak-anak ketagihan, jadi setiap hari inginnya main internet, hal inilah yang perlu di waspadai,” ujar Agus.

(Gindra/Dede)

Related Posts