Kapolda Kalbar dan Kasdam XII/Tpr Lakukan Pertemuan Bahas Karhutla

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Kapolda Kalbar Brigjen Pol Musyafak  dan Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Ahmad Supriyadi melakukan pertemuan membahas permasalahan Karhutla di Makodam XII Tanjungpura, Selasa (7/6).

“Pemerintah Daerah Kalbar bersama TNI-Polri dalam hal ini Kodam XII/Tpr dan Polda Kalbar, bersiaga penuh menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Kalbar, terutama pada saat musim kering tiba,” ujar Kasdam.

Kodam XII/Tpr dan Polda serta Pemda Kalbar, kata Kasdam telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kalbar dalam rangka antisipasi karhutla melalui Babinsa dan Babinkamtibmas serta Kepala Desa di masing-masing wilayah. Selain itu, lanjut Kasdam, patroli langsung ke daerah rawan kebakaran dan hotspot yang dinformasikan oleh BMKG juga gencar dilakukan.

“Juga mengingatkan pihak perusahaan perkebunan untuk melakukan pengawasan secara ketat terhadap lahan yang dimilikinya agar tidak terjadi pembakaran lahan”, tuturnya.

Terkait pemadaman titik api ini, lanjut Kasdam, yang menjadi kendala adalah kondisi lahan gambut dan cuaca dengan pergerakan angin yang selalu berubah-ubah serta sarana prasarana untuk memadamkan api yang tidak memadai. Oleh karena itu peran serta masyarakat dalam mengantisipasi dan memadamkan Karhutla turut menentukan pencegahannya.

“Sehingga diharapkan tidak terjadi dampak buruk dari kebakaran hutan dan lahan tersebut seperti gangguan pernapasan dengan kondisi udara yang diselimuti asap serta liburnya beberapa aktivitas belajar mengajar anak sekolah yang sangat merugikan,” pungkas Kasdam.

(Slamet/Dede)

Related Posts