Dana PISEW untuk Kembangkan Ekowisata di Kapuas Hulu

Kembangkan Wisata Danau Sentarum Dengan Konsep Pemberdayaan

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Kecamatan Batang Lupar merupakan salah satu Kecamatan yang mendapatkan dana program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (Pisew) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2016. Dana yang didapat sekitar Rp 1,2 Miliar.

Camat Batang Lupar, Gunawan mengatakan, pihaknya akan mengupayakan pemanfaatan dana tersebut untuk menunjang sektor ekowisata di Batang Lupar. Pasalnya di Kecamatan itu ada bagian Danau Sentarum yang potensial, untuk mendongkrak pendapatan daerah Kabupaten Kapuas Hulu.

“Kita akan mengarahkan pembangunan ekowisata berupa pembangunan home stay, pendopo dan jembatan Kedungkang sebagai penunjang ekowisata,” kata Gunawan ketika dihubungi, Rabu (8/6).

Kemudian, kata Gunawan, pihaknya akan menggarap bekas jalan dari perusahaan kayu yang ada di sekitar danau. Jalan tersebut akan dijadikan jalur bagi aktivitas wisatawan berjalan kaki menelusuri hutan sub tropis yang ada di sekitar Danau Sentarum. Menelusuri hutan tersebut kata Gunawan, wisatawan bisa melihat satwa liar seperti orangutan, bekatan dan berbagai jenis satwa lainnya.

“Jadi nanti setiap satu kilomenter jarak jalannya kita bangun pendopo kecil untuk wisatawan istirahat, konsepnya seperti pengelolaan Tangkuban Perahu,” ungkap dia.

Lebih rinci, Gunawan menjelaskan dari simpang Tekung menuju desa Kedukang, wisatawan bisa berhenti melihat sentra kerajinan tradisional di Tekung.

“Kalau wisatawan mau ke Kedungkang bisa naik angkutan sungai. Sepanjang perjalanan akan melihat pemandangan yang indah,” ujarnya.

Dengan menggunakan jasa angkutan masyarakat, berarti pemerintah sudah menciptakan pekerjaan baru bagi masyarakat lokal. Sesampai di Kedungkang, lanjut Gunawan, ada pilihan lagi bagi wisatawan, apakah mau menikmati pemandangan danau sambil melihat fenomena alam pada saat matahari akan terbenam.

“Waktu saya ke Bali, pemandangan di Kendungkang tidak kalah dengan Pantai Kuta. Pemandangan indah dan menarik,” tuturnya.

Gunawan pun berharap agar rencana pengarahan dana PISEW untuk sektor wisata sekitar Danau Sentarum itu dapat terlaksana dengan maksimal. Sehingga memberi perkembangan ekonomi bagi masyarakat kecamatan Batang Lupar, serta menambah PAD bagi pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu.

(Yohanes/Dede)

Related Posts