Sarana dan Prasarana Kesehatan Kapuas Hulu Perlu Ditingkatkan

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero menyatakan, sarana dan prasarana (Sarpras) bidang kesehatan di Kapuas Hulu harus ditingkatkan, demikian juga tenaga kesehatan di daerah-daerah pedalaman.

“Ini penting agar pelayanan kesehatan dapat berjalan baik di lapangan. Kita tahu tenga kesehatan di daerah ini kekurangan, terutama bidan, padahal mereka penting untuk menjaga kesehatan ibu-ibu hamil,” ujarnya, Kamis (9/6).

Diungkapkan Wabup, dirinya pernah mengunjungi Desa Riam Tapang, Kecamatan Silat Hulu. Kata Wabup, disana tidak ada tenaga kesehatan.

“Saat di cek kesehatan waktu itu, ada 10 warga berpenyakit dalam keadaan hamil. Ini perlu kontrol dari tenaga kesehatan,” ujar Antonius.

Menurut Wabup tenaga medis yang ada saat ini harus mulai di inventarisasi, prioritaskan yang tamat sekolah tinggi. Kalau memang diperlukan mereka dikontrakan tahun depan.

“Saya rasa tidak ada masalah jadikan mereka tenaga kontak. Karena tenaga kesehatan memang harus dipenuhi, supaya dapat melayani masyarakat kita,” tuturnya.

Kemudian, lanjut dia, rumah dinas tenaga kesehatan yang rusak juga harus didata. Bangunan yang sudah parah harus diutamakan pembangunannya.

“Ini supaya membuat mereka betah jadi tenaga kesehatan di desa-desa,” tegas Anton.

Selanjutnya perlengkapan kesehatan di inventarisasi. “Seiring dengan akreditasi puskesmas kedepan, Dinas Kesehatan Kapuas Hulu juga harus upayakan puskesmas yang ada itu dilengkapi dengan alat medis yang cukup,” tutup mantan Anggota DPRD Kapuas Hulu 3 periode ini.

(Yohanes/Dede)

Related Posts