TNI Awasi Jalur Tikus Perbatasan Negara

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Kasdim 1206/Putussibau, Mayor Inf Nur Cholis mengatakan, dalam masa puasa hingga lebaran nanti, pihak keamanan mengintensifkan pengawasan. Apalagi saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Petugas Pengaman Perbatasan (Pamtas) yang ada di kecamatan Badau.

“Perbatasan memang salah satu fokus pengamanan TNI, terutama yang kaitannya dengan barang-barang ilegal,” katanya, Jumat (10/6).

Kasdim mengatakan, pengawasan barang-barang ilegal ini diintensifkan untuk mencegah produk-produk yang tidak layak konsumsi masuk ke pasar-pasar daerah, termasuk juga gula ilegal. Sebab pada puasa dan lebaran, hampir dipastikan kebutuhan sembako di masyarakat aka melonjak.

“Untuk mengawasi daerah perbatasan itu, selain dari intel kodim dan koramil, kami juga berkoordinasi dengan Pamtas, sebab mereka yang aktif bertugas di lapangan,” ujarnya.

Kasdim meyakini, jalur tikus di kawasan perbatasan terus dimonitor Pamtas. Untuk mencegah masuknya barang ilegal lain, termasuk narkoba.

“Jalur tikus tentu sudah diantisipasi juga, karena kita tidak ingin narkoba masuk, begitu juga barang ilegal,” ucap Cholis.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Kapuas Hulu secara umum, kata Kasdim, satuannya akan memback-up kepolisian jika dibutuhkan. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya Kodim juga mengutus personil untuk pengamanan jalur mudik saat pra lebaran hingga pasca lebaran.

“Kami juga akan ikut patroli bersama dengan instansi lain, kami akan ingatkan warga yang meninggalkan kediaman selama libur,” pungkasnya.  (Yohanes/Yuniar)

 

Related Posts