Rio Haryanto Tampil Pertama di Kanada

Semarang, thetanjungpuratimes.com – Pembalap nasional yang tergabung pada tim Manor Racing Rio Haryanto baru pertama kali tampil pada Sirkuit Gilles-Villeneuve Kanada pada race ketujuh lomba balap mobil Formula Satu (F1), Minggu (12/6), waktu setempat.

“Ini adalah pertama kalinya saya di sini,” kata Rio Haryanto seperti disampaikan Media Relations Cep Goldia dalam surat elektronik yang diterima di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu.

Setelah mencoba pada sesi latihan resmi yang pertama pada Jumat (10/6) pagi waktu setempat, pembalap berusia 23 tahun tersebut menyatakan sekarang jadi semakin akrab dengan trek dan menikmatinya.

“Dari sesi latihan resmi sore, saya pikir kami bisa bekerja pada keseimbangan, kecepatan terlihat cukup baik dan kami mencoba laju pendek dan panjang. Jadi kami banyak belajar dari hari ini,” katanya.

Pada latihan resmi pertama Jumat (10/6) waktu setempat Rio Haryanto yang mengendarai mobil MR05-01 menempati posisi ke-18 dengan catatan waktu 1:18.103, sedangkan pada sesi latihan resmi sore harinya menempati posisi ke-22 dengan catatan waktu 1:17.423.

Sedangkan rekan satu tim Rio Haryanto, Pascal Wehrlein menempati posisi ke-21 dengan catatan waktu 1:18.453, dan sore harinya menempati posisi ke-21 dengan catatan waktu 1:17.023.

“Hari ini adalah hari yang baik bagi kami dan nampaknya kami lebih kompetitif dari pada event-event sebelumnya. Kami mencoba beberapa hal pada mobil dan belajar banyak di latihan sesi pertama,” kata pembalap asal Solo, Jateng tersebut.

Sedangkan Wehrlein mengatakan, secara keseluruhan, hari ini positif.

Pagi ini mencoba beberapa hal pada mobil yang tidak mendatangkan perbaikan yang diinginkan, jadi kami kembali untuk FP2 dan saya merasa jauh lebih nyaman lagi.

“Sekarang kami harus duduk bersama dan menganalisis data dalam rangka meningkatkan performa untuk kualifikasi, tapi kami tidak terlalu jauh. Saya pikir kami bisa melakukan pekerjaan dengan baik besok,” katanya lagi.

Direktur Balap Manor Racing Dave Ryan mengatakan, hari yang cukup baik bagi timnya.

“Kami memiliki beberapa komponen-komponen baru khusus untuk Montreal yang perlu diujicoba, jadi kami memantau performa mereka dari pagi ini. Sore ini saya pikir kami menunjukkan bahwa kami terus membuat kemajuan yang baik dan mengurangi jarak terhadap pesaing terdekat kami langkah demi langkah,” katanya.

Ia menyatakan, kedua pembalap melaksanakan tugas yang baik pada debut mereka di trek ini, dan mudah-mudahan dapat mengekstrak sedikit lebih banyak potensi dari mobil untuk besok. “Secara keseluruhan, awal yang baik,” katanya pula. (Ant/Yuniar)

Related Posts