Disbunhut Landak Minta Perusahaan Kebun Revisi IUP

Landak, thetanjungpuratimes.com – Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Kabupaten Landak meminta kepada perusahaan perkebunan kelapa sawit, untuk segera merevisi Izin Usaha Perkebunan (IUP) nya. Hal ini dikarenakan hampir semua perusahaan perkebunan kelapa sawit di Landak tidak mampu menggarap lahan sesuai dengan luasan lahan yang ada di IUP.

Kepala Disbunhut Kabupaten Landak, Alpius mengatakan, kadangkala ada perusahaan perkebunan yang diberi izin lokasi seluas 10 ribu hektare, namun yang hanya mampu digarap oleh perusahaan hanya 3000 sampai 4000 hektare saja.

“Makanya kita perlu ada revisi terhadap IUP yang diberikan itu. Nantinya revisi izin lokasi ini sesuai dengan kondisi riil dilapangan,” ujar Alpius, Senin (13/6).

Ia tidak memungkiri bahwa izin lokasi tersebut ada yang bisa dikelola dan tidak bisa dikelola oleh perusahaan.

“Ini dari aspek pemukiman penduduk, usaha rakyat, tembawang, panyugu dan fotografi yang tinggi. Makanya revisi inipun dalam rangka penataan usaha perkebunan sesuai dengan kondisi riil di lapangan. Apalagi ini menyangkut pajak yang harus dibayar perusahaan kepada negara,” katanya. (Ny/Yuniar)

Related Posts