Petugas Cek Poin dan Vaksinator Diandalkan untuk Cegah Rabies

Cegah Rabies, Petugas Beri Vaksin Anjing Liar

Melawi, thetanjungpuratimes.com – Petugas Cek Poin Lalu Lintas ( Lalin) Ternak, serta tenaga Vaksinator sangat dibutuhkan sekali dalam pencegahan penyebaran penyakit rabies.

Kepala Bidang Peternakan Distanak Melawi, Nining Yulianti menuturkan di Melawi sendiri baru ada dua petugas vaksinator dan satu petugas cek poin pemantau lalu lintas ternak yang merupakan honorarium dari Pemerintah Provinsi Kalbar.

“Dua Vaksinator ini, satunya ditempatkan untuk Kecamatan Sayan sampai Sokan, satu lagi untuk Kecamatan Ella dan Menukung. Sementara untuk petugas cek poin lalu lintas ternak itu ditempatkan di Dusun Senain, Desa Nanga Kompi, Kecamatan Sayan,” katanya di Nanga Pinoh, Senin (13/6).

Nining mengatakan, jumlah vaksinator di Melawi belumlah ideal. Menurut dia, idealnya masing-masing kecamatan harus ada. Karena jarak tempuh per Kecamatan cukup jauh.

“Petugas lalu lintas ternak dan vaksinator  sangat mendesak. Makanya ditempatkan di perbatasan Kalteng di Senain. Sebetulnya sih di gerbang masuk ke Melawi di Desa Laman Bukit Kecamatan Belimbing itu, juga harus ditempatkan petugas lalu lintas ternak juga. Tapi di perbatasan Kalteng ini yang sangat urgent,” ucapnya.

Lebih lanjut Nining menjelaskan, vaksinator bertugas memberikan vaksinasi, termasuk sosialisasi kepada warga. Begitu juga  petugas lalu lintas ternak layaknya Polisi Lalu Lintas, yang bertugas memeriksa dan melaporkan setiap hewan ternak yang masuk ke wilayah Melawi, khususnya dari perbatasan Kalteng.

“Minimal ada laporanya ketika ada hewan ternak yang  masuk ke wilayah Melawi,” ungkapnya.

(Edi/Dede)

Related Posts