Tidak Boleh Lalai Dalam Penanggulangan Kebakaran

Kebakaran di Gang Gajahmada 2 Pontianak

Melawi, thetanjungpuratimes.com – Ketua Badan Sosial Pencegah Bahaya Kebakaran (BS-PBK) Kabupaten Melawi, Feby Tio, menuturkan, setiap individu tidak boleh lalai atau “human error” dalam menanggulangi kebakaran.

“Maksudnya jangan lalai, misalnya tidak meninggalkan rumah dalam keadaan kompor masih menyala. Sebelum berpergian, mesti dicek terlebih dahulu, apakah kompor menyala atau tidak. Begitu juga dengan melakukan pembakaran lahan, harus diawasi atau jaga, jangan sampai membakar lahan lalu ditinggalkan, sehingga apinya merambat luas,” ungkapnya di Nanga Pinoh, Senin (13/6).

Tidak hanya itu, lanjutnya, terhadap penggunaan listrik serta mesin yang menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) seperti genset, juga harus teliti.

“Pada saat kemarau, sering kita dengar terjadi kebakaran. Nah, kita mesti selalu waspada dan mengantisipasinya, jangan sampai kita yang terkena musibah kebakaran itu,” paparnya.

Dikatakannya, sering didengar berita kebakaran yang terjadi. Namun penyebabnya lebih banyak karena akibat kelengahan penghuni rumah itu sendiri.

“Tanpa disadari meninggalkan kompor dalam keadaan menyala, yang akhirnya si jago merah merajalela hingga menghanguskan rumahnya,” ujarnya.

(Edi/Dede)

Related Posts