Jelang Lebaran, 30 Ribu Butir Telur Disiapkan Dispertanak Kapuas Hulu

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Peternakan (Dispertanak) Kapuas Hulu akan membuka bazar telur ayam untuk masyarakat di Bumi Uncak Kapuas.

Sebanyak 30.000 butir telur ayam akan dijual pada tanggal 21-22 Juni ini.

“Bazar telur itu akan kami laksanakan di depan kantor dinas perternakan. Mulai buka dari Pukul 08.00 Wib,” kata Maryatiningsih, Kabid Peternakan, Dispertanak Kapuas Hulu, Kamis (16/6).

Menurut Ningsih, jumlah telur ayam yang disiapkan adalah sebanyak 1000 sarang atau sekitar 30.000 butir. Dinas Perternakan, kata dia, akan bekerjasama dengan pihak ketiga untuk mendatangkan telur tersebut dari Kota Singkawang. Telur itu akan datang hari Senin depan (20 Juni, red).

“Kami sudah memberikan imbauan ke sejumlah masjid di wilayah Kota Putussibau, agar datang membeli telur yang di bazar,” tuturnya.

Dijelaskan Ningsih, sistem pembelian telur sendiri akan menggunakan kupon, setiap pembeli harus memiliki kupon yang disediakan petugas. Pembeli, lanjut dia, akan dijatah hanya sebanyak tiga sarang. Namun jika di akhir bazar ketersediaan masih banyak, maka tidak menutup kemungkinan bisa membeli lebih dari tiga sarang.

“Harga per sarangnya Rp41.000. Kita beri subsidi per butir sebesar Rp240. Kalau perbutirnya Rp1.360,” ungkapnya.

Karena sulit mengidentifikasi mana pembeli dari kalangan mampu atau tidak, maka Dispertanak menjualnya secara global, nanti ada petugas yang akan mengatur tata kelola penjualan kepada masyarakat.

“Kemungkinan kalau ada kelebihan, boleh lebih dari tiga sarang,” ujarnya lagi.

Ia berharap, dengan adanya bazar nanti masyarakat tidak sulit mendapatkan telur murah, sehingga kebutuhan untuk pembuatan kue tidak ada kendala.

“Harapannya untuk memenuhi kebutuhan dan sebagai langkah antisipasi masuknya telur dari negara seberang. Karena di pasaran ada kemungkinan harga telur akan naik,” tutup Ningsih.

(Yohanes/Dede)

Related Posts