Kemdikbud Usulkan Beberapa Anggaran Prioritas

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan meskipun ada pengurangan pagu indikatif anggaran tahun 2017 namun pihaknya mengusulkan adanya tambahan pagu untuk beberapa hal prioritas.

“Meskipun ada penggurangan anggaran, kami menggusulkan adanya tambahan pagu untuk beberapa hal, sepertii penyediaan sarana dan media pembelajaran,” kata Mendiknas Anies Baswedan pada rapat kerja dengan komisi X DPR di Senayan Jakarta, Kamis (16/6).

Lebih lanjut ia menjelaskan, usulan tambahan pagu tersebut juga diusulkan untuk penyempurnaan kurikulum sistem perbukuan pembelajaran dan pendidikan.

“Kemudian untuk pemenuhan tunjangan profesi guru dan fasilitas sertifikasi guru,” kata Anies.

Selanjutnya untuk peningkatan pengelolaan permuseuman serta pemenuhan kebutuhan gaji dan penyewaan gedung sekolah Indonesia di luar negeri.

“Ini untuk sewa gedung sekolah-sekolah Indonesia di luar negeri khususnya anak-anak tenaga kerja kita,” kata Anies.

Sebelumnya beberapa anggota komisi X mengaku kecewa dengan adanya penurunan pagu anggaran pendidikan.

“Kami sangat kecewa kenapa pagu anggaran Kemendikbud justru turun lebih rendah kementerian agama, meskipun masih masuk 20 persen total APBN,” kata anggota komisi X Yuniko.

Lebih lanjut ditambahkan apakah penurunan pagu anggaran Kemendikbud ini terjadi karena kurang mampunya menteri dalam meyakinkan Bappenas.

“Masalah kemendikbud justru lebih banyak yang diurus dan sangat penting bagi kemajuan bangsa,” kata Yuniko.

(Ant/Dede)

Related Posts