Sanggau Siap Gelar Gawai Adat Dayak

Sanggau, thetanjungpuratimes.com – Salah satu upaya melestarikan seni dan budaya adat Dayak, Pemkab Sanggau melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) akan menggelar serangkaian kegiatan yang diusung dalam Gawai Adat Dayak Kabupaten Sanggau pada 14-16 Juli 2016 mendatang.

Kepala Seksi Seni dan Budaya pada Kantor Budpar Sanggau, Dino David Wijaya S Sn menuturkan, gawai adat Dayak kali ini mengusung tema dari Kalimantan Barat untuk Indonesia berperan aktif dalam masyarakat ekonomi Asean (MEA).

“Ya, tepatnya bulan Juli depan kita gelar gawai adat Dayak se-Kabupaten Sanggau, dibuka pada tanggal 14 Juli dan ditutup pada 16 Juli, jadi ada selama tiga hari pelaksanaan,” ujarnya,  Rabu (15/6).

Adapun lomba-lomba yang akan digelar diantaranya lomba tari kreasi, lomba menyumpit, lomba pangkak gasing, lomba pencak silat, lomba souvenir motif Dayak. Selain itu akan ada juga lomba menumpuk padi dan menampik padi, lomba lagu daerah, lomba pantun, lomba mendongeng, lomba busana daerah anak-anak dan lomba membuat kue tradisional, desain batik corak Dayak, pemilihan domia-domamank.

“Jadi, banyak perlombaan yang akan digelar saat gawai adat Dayak se Kabupaten Sanggau nanti,” jelasnya.

Dijelaskan, salah satu rangkaian pembukaan digelar juga karnaval budaya mengambil rute dari Kampong Santana, Kelurahan Tanjung Kapuas hingga ke Mega Tend yang berada Komplek Gereja Katedral Sanggau, selanjutnya baru dilaksanakan upacara pembukaan di Rumah Betang Dori’ Mpulor, Sungai Mawang.

“Ada karnaval budaya nantinya. Upacara pembukaan sekitar pukul 11.00 WIB di Rumah Betang Dori’ Mpulor,” ujarnya.

Selain itu akan ada stand warung dan pameran berbagai kerajinan. Untuk bagi yang berminat maka bisa mendaftar di Kantor Budpar Sanggau.

“Akan ada stand warung dan stand pameran juga. Nah,  bagi yang berminat atau turut andil bisa mendaftarlah ke Kantor Budpar,” ulasnya.

Pihaknya kata Dino, hanya pendamping nanti akan ada panitia yang melaksanakan rangkaian kegiatan dalam gawai adat Dayak Kabupaten Sanggau tersebut.  (Muhammad/Yuniar)

Related Posts