Tanggulangi Kusta, Pertamina Gelar Program PHBS Bagi Warga Pedesaan Kubu Raya

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Karena angka penderita lepra atau lebih dikenal dengan penyakit kusta cukup tinggi di Kabupaten Kubu Raya, untuk mencegah dan menanggulangi penyakit menular itu PT Pertamina (persero) Region Kalimantan menggelar pelatihan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk warga pedesaan di Kecamatan Sungai Kakap, Kubu Raya.

Kegiatan pelatihan PHBS ini di ikuti sebanyak 150 Kader kesehatan yang juga merupakan kader kusta Sungai Kakap, dan dihadiri pula Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya Berli Hamdani, beberapa kepala Puskusmas yang ada di Kecamatan itu. kegiatan pelatihan ini berlangsung selama dua hari mulai dari Kamis (15/6) hingga Jumat (16/6) di aula Kantor Camat Sungai Kakap.

Area Manager CSR dan SMEPP PT Pertamina (persero) Region Kalimantan Prawito menjelaskan berdasarkan hasil survei pihaknya terhadap penyakit kusta yang ada di Kalimantan Barat, Kubu Raya salah satu Kabupaten yang angka penderitanya cukup tinggi.

“Diketahui Kabupaten Kubu Raya terdapat kasus kusta dengan jumlah penderita yang cukup tinggi, untuk itulah kita melaksanakan program Coperate Social Responbility (CSR) dengan menggelar pelatihan prilaku hidup bersih dan sehat di sejumlah kecamtan di Kubu Raya,” kata dia, Kamis (16/6).

Untuk di Kecamatan Kakap ini, kata Prawito, merupakan yang kali keduanya, sebelumnya kegiatan serupa juga dilaksnakan di Kecamatan Sungai Raya tepatnya dilaksanakan Aula Kantor Bupati Kubu Raya. Usai dilaksanakan diKkecamatan Kakap, lanjut diam kegiatan ini akan berlanjut di Kecamatan Sungai Ambawang dan Kecamatan Rasau Jaya.

“Program CSR untuk penanggulangan kusta ini juga telah kami lakukan di sejumlah Kabupaten lainnya yang ada di Kalbar, Bahkan program ini juga pernah kami lakukan di Balikpapan, Kalimantan Timur,” katanya,

Menurutnya tujuan utama pihaknya menggelar kegiatan ini  adalah sebagai bentuk upaya Pertamina untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat yang berada di pedesaan, melalui kegiatan pelatihan dan sosialsiasi kusta ini diharapkan para kader kesehatan dapat lebih mengetahui dan lebih memahami cara penanggulangan kusta dengan cara perilaku hidup sehat.

“Kami juga berharap para kader ini nantinya juga dapat menyosialisikan kepada masyarakat, sehingga penyakit kusta ini dapat sama-sama kita tanggulangi,” tuturnya

Selain itu pihaknya juga berharap implementasi PHBS di seluruh warga Kecamatan Sungai Kakap akan  mengalami peningkatan, para kader kesehatan yang mendapatklan pelatihan dan sosialisasi materi mengenai penanggulangan dan pencegahan kusta ini mampu mendeteksi sejak dini penyakit kusta di tengah masyarakat, kedepannya tentu menurunkan angka kusta di Kabupaten Kubu Raya.

(Faisal/Dede)

Related Posts