Legislator Minta Pemkot Singkawang Pantau Harga Barang Jelang Lebaran

Singkawang, thetanjungpuratimes.com –  Ketua DPRD Singkawang, Sujianto meminta agar dinas terkait rutin melakukan pemantauan harga di pasaran jelang hari raya Idul Fitri mendatang.

“Jelang lebaran sudah barang tentu harga bahan pokok naik. Dinas terkait harus rutin mengontrol harga. Jangan sampai seenaknya pedagang menaikkan harga,” pinta Sujianto, di Singkawang, Sabtu (18/6).

Menurutnya, dinas terkait harus tegas. Jangan sampai kenaikan harga bahan pokok menyakitkan rakyat.

“Kita di dewan, akan turun ke lapangan guna mengontrol hal itu, dan apabila terjadi kenaikan yang signifikan kita akan panggil dinas terkait,” ujarnya.

Dikatakan legislator dari PDI-P ini, bahwa pasar murah yang digelar Disperindagkop belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sepenuhnya.

“Berapalah kemampuan dari pasar murah, yang dijual pun tidak begitu penting kepada masyarakat. Yang penting itu, sembilan bahan pokok, seperti cabai, bawang, telur, dan yang lainnya,” ujarnya.

Jadi, kebutuhan bahan pokok ini yang seharusnya perlu diawasi. Karena, kenaikan harga yang terjadi selama ini adalah merupakan permainan tengkulak.

Yang sangat disesalkan lagi, lanjutnya, turunnya harga bahan bakar minyak (BBM) beberapa bulan lalu, namun tak diikuti dengan turunnya harga barang.

“Justru harga barang naik dan semakin naik mendekati puasa dan lebaran,” sesalnya.

Intinya, kata Sujianto lagi, dinas terkait harus rutin melakukan pemantauan.

Mengingat hari besar agama merupakan kebutuhan yang besar bagi masyarakat yang merayakannya.

“Lain memikirkan harga bahan pokok, belum lagi memikirkan untuk beli pakaian, dan sebagainya. Jadi tolonglah, kasihani masyarakat,” pintanya.

(Mizar/Dede).

Related Posts