Empat ABK KM Anita Mitra Jaya yang Tenggelam Berhasil Selamat

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Empat orang penumpang Kapal Nelayan Anita Mitra Jaya asal Pontianak berhasil selamat setelah berenang sejauh tiga mil dari bibir pantai.

“Berdasarkan keterangan salah satu nelayan yang berhasil selamat, pada Sabtu(18/6) sekitar pukul 13.00WIB kapal yang mereka tumpangi tenggelam di perairan Muara Bunga dengan titik koordinat 00’20 313 S-109 03 709 E,” kata Dirpolair Polda Kalbar, AKBP Badarudin di Pontianak, Senin (20/6).

Dia menjelaskan, saat sedang berlayar, kapal 5 GT itu diterjang ombak setinggi 5 sampai 6 meter, dan mengakibatkan kapal bocor hingga tengglam.

Kapal itu dikemudikan oleh Wanto (42) dengan tiga ABK masing-masing Agus (30), Budiman (36) dan Nadiman (36).

Setelah kapal bocor, lanjut Badarudin, para penumpang mencoba menyelamatkan diri dengan berenang sejauh kurang lebih tiga mil ke arah pesisir pantai terdekat.

Usaha keras keempat orang tersebut berhasil setelah diselamatkan oleh kapal nelayan Sinar laut yang dinakhodai oleh A Cok pada pukul 16.30 Sabtu (18/6) kemarin, setelah hampir tiga setengah jam berenang.

“Sementara ini mereka dan kapalnya sudah diamankan di KP Karimata 3003 DUM,” katanya.

Terkait kejadian tersebut, Badarudin mengimbau kepada para belayan untuk tidak melaut jika cuaca tidak memungkinkan karena akan membahayakan keselamatan.

“Jika ingin melaut, sebaiknya perhatikan kondisi cuaca, dimana untuk saat ini cuaca memang kurang bersahabat,” kata Badarudin.

(Ant/Dede)

Related Posts