Osorio Renungkan Karir Setelah Kekalahan Meksiko 0-7

Mexico City, thetanjungpuratimes.com – Pelatih tim sepak bola nasional Meksiko Juan Carlos Osorio merenungkan masa depan karirnya pada Minggu setelah tim asuhannya hancur 0-7 dari juara bertahan Chile pada pertandingan perempat final kejuaraan sepak bola Piala Amerika 2016.

Kekalahan tanpa balas pada Sabtu malam waktu setempat di Levi’s Stadium Santa Clara, California, Amerika Serikat, di hadapan pendukung tim El Tri itu merupakan mimipi paling buruk dan memalukan bagi sejarah sepak bola Meksiko, demikian laporan sejumlah media di negara Amerika Tengah itu.

“Kami menjalani pertandingan paling mengerikan. Tentang keputusan saya (apakah akan mundur), faktanya adalah saya sedang mencoba untuk memahami kekalahan ini dan berpikir tenang apa yang akan saya lakukan,” kata Osorio kepada wartawan.

“Apa yang terjadi pada hari ini adalah hal memalukan, sebuah kecelakaan sepak bola. Itu adalah penampilan paling parah dan saya meminta maaf kepada semua pihak dan kepada semua penggemar sepak bola Meksiko,” ujar pelatih asal Kolombia yang ditunjuk pada Oktober 2015 itu.

“Saya salah memahami pertandingan itu. Saya juga keliru memilih dalam tim. Saya anggap itu tanggung jawab, tidak satu pun dari pemain kami yang dalam kondisi terbaik,” kata pelatih yang diproyeksikan bawa tim Meksiko pada Piala Dunia 2018 di Rusia itu.

Osorio mengatakan tidak ada perbedaan jauh antara timnya dengan tim Chile meskipun kubu Amerika Selatan itu lebih mendominasi pada laga perempat final.

“Saya tidak membayangkan sebesar itu kekalahan kami dan, dengan tetap menghargai Chile, tidak ada perbedaan tujuh gol antara sepak bola Chile dengan Meksiko,” ujarnya.

“Saya tidak punya penjelasan untuk kekalahan itu. Gol ketiga Chile membinasakan seluruh peluang kami. Saya melihat tim Chile yang sangat kuat dengan kesempatan-kesempatan bagus untuk memenangkan kompetisi,” kata Osorio.

Meskipun kalah, pemain bertahan Meksiko Rafael Marquez tetap percaya dengan kinerja Osorio untuk timnya.

“Hari ini (kami harus) tetap tenang, memikirkan segala hal secara pantas… dan melihat bahwa hasil ini tidak akan mempengaruhi apa yang telah kami lakukan bersama Osorio. Jadi, saya akan memberikan suara kepercayaan diri kepadanya untuk melanjutkan pekerjaannya,” kata Marquez.

Pada 2015, Chile memenangkan kejuaraan Piala Amerika untuk pertama kalinya dengan kemenangan penalti. Piala Amerika 2015 digelar di Chile.

Sementara, Meksiko sebagai tim tamu dari kawasan CONCACAF pada kejuaraan sepak bola Amerika Selatan itu telah mencapai dua kali putaran final tapi tidak pernah menang.

Chile akan berjumpa dengan tim Kolombia pada laga semifinal Rabu (22/6). Sedangkan tim tuan rumah Amerika Serikat akan menjamu Argentina pada laga lain semifinal yang berlangsung Selasa (21/6) waktu setempat. (Ant/Yuniar)

Related Posts