Jokowi Tinjau Pembangunan Jalur Ciawi-Sukabumi

Jokowi Dijadwalkan Bertemu Presiden dan Kanselir Jerman

Gadog, thetanjungpuratimes.com – Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan jalur tol Ciawi-Sukabumi di daerah Gadog, Bogor, Jawa Barat sebagai upaya mendukung interkoneksi Trans Jabar Tol.

Jokowi melakukan peninjauan kesiapan lahan pembangunan jalan tol seksi 1 di Gadog yang akan memanjang mulai dari Ciawi hingga Ciherang Pondok.

Rencananya seksi 2 dan 3 akan disambung mulai dari Ciherang Pondok hingga Cigombong/Lido.

“Tol Bocimi ini, Bogor-Ciawi-Sukabumi ini sepanjang 54 Kilometer sudah pernah di groundbreaking empat kali supaya tahu aja. Tapi berhenti, berhenti ini sudah dimulai 97 sampai sekarang ya satu meter pun belum kita dapat,” kata Presiden, Selasa (21/6).

Menurut Jokowi, kendala terhentinya pembangunan tol Bocimi karena investor tidak mulai mengerjakan dan kontraktor proyek berpindah-pindah.

Presiden juga menjelaskan tidak ada kendala pembebasan lahan karena sudah dikoordinasikan dengan para bupati dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

“Kita harapkan tadi dari Waskita menyampaikan akan diselesaikan 2019 rampung, tapi saya minta 2018 semuanya,” jelas Jokowi terkait target penyelesaian pembangunan.

Pembangunan tol Ciawi-Sukabumi dibagi menjadi empat seksi dengan total panjang 54 kilometer dimana panjang jalan di seksi 1 sebesar 15,35 km.

Menurut Direktur Utama Trans Jabar Tol, Muhamad Sadali, kemajuan fisik pembangunan seksi 1 tol Ciawi-Sukabumi pada paket 1 sudah sebesar 18,7%, lalu paket 2 sebesar 12,24% dan paket 3 sebesar 6,3%.

Sadali mengatakan target penyelesaian pembangunan seksi 1 tol tersebut adalah pada 2017. Sementara itu, penyelesaian seluruh pembangunan tol yang dapat menyingkat waktu perjalanan Ciawi-Sukabumi menjadi 1 jam itu direncanakan sebelum 2020.

Total biaya investasi seluruh pembangunan jalur tol Ciawi-Sukabumi itu mencapai Rp7,77 triliun.

Sadali menjelaskan untuk tingkat kemajuan pembangunan seksi 2,3 dan 4 tol Ciawi-Sukabumi masih pada tahap pembebasan lahan.

“Diharapkan tol ini dapat mempersingkat waktu tempuh dari Sukabumi-Ciawi yang biasanya tiga-empat jam menjadi sekitar 1-1,5 jam,” jelas Sadali.

Sejumlah pejabat negara yang mendampingi Presiden dalam peninjauan itu antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Menteri BUMN Rini Soemarno dan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi.

Pada Selasa, Presiden direncanakan melakukan tinjauan ke sejumlah pembangunan jalur tol baik di Gadog, Depok dan Cimanggis serta Bekasi.

(Ant/Dede)

Related Posts