Polres Kapuas Hulu Bangun Pos Pantau Arus Mudik

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Polres Kapuas Hulu akan menggelar Operasi Ramadania selama hari raya Idul Fitri tahun ini.

Dalam operasi tersebut, Polres Kapuas Hulu membuat sejumlah pos pelayanan dan pengamanan. Pos pengamanan tersebut akan dibangun di persimpangan antara Masjid Darunnajah dengan RSUD Putussibau, kemudian di Bandara Pangsuma.

“Untuk Pos pelayanan di untuk hilir mudik di daerah Silat dan Badau. Tapi kemungkinan semua Polsek akan disiagakan semua jelang arus mudik,” papar IPTU Kamto, Kasat Lantas Polres Kapuas Hulu, Rabu (22/6)

Adanya pos pelayanan tersebut, kata Kamto dapat dimanfaatkan masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran. Mereka bisa beristirahat dari kelelahan berkendara disana. Selain itu, dibangunnya pos pelayanan itu bertujuan untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas. Oleh sebab itu di masing-masing pos tersebut disiagakan sejumlah anggota yang bisa memberikan petunjuk apabila ada pengguna jalan yang membutuhkannya.

“Intinya pos pelayanan itu untuk masyarakat yang hilir mudik,” ujarnya.

Kata Kamto Lintas Selatan memang akan ramai pengguna jalan saat mudik, untuk itu pengendara perlu kehati-hatian, terutama saat melintas di jembatan-jembatan.

“Ada tempat yang sering membuat kendaraan bisa mundur dari Pontianak-Putussibau itu disekitar hutan lindung, disana ada jembatan kayu yang rawan kecelakaan,” kata dia.

Kamto juga mengajak instansi terkait agar bekerjasama dengan kepolisian dalam mempersiapkan arus mudik. Misal Dishub bisa mengecek kendaraan yang layak pakai untuk mudik, kemudian dinas lainnya menangani ruas jalan apabila terjadi kerusakan.

“Kita sama-sama. Kendaraan harus kita cek kondisinya, kemudian naik turun penumpang di terminal diarahkan. Kalau masalah jalan kita sudah koordinasi, terutama jalan nasional yang menjadi kewenangan pemerintah pusat. Selanjutnya rambu-rambu harus dipasang. Khususnya jalur selatan,” tutupnya.

(yohanes/Dede)

Related Posts