Sopir Angkutan Penumpang di Tes Urine

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Pontianak, Satlantas dan Dinas Kesehatan melakukan pengecekan urine bagi sopir angkutan penumpang dan truk, serta merazia kendaraan yang tak layak jalan di Terminal Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, Rabu (22/6). Hal ini dilakukan sebagai antisipasi kecelakaan, hingga mendekati lebaran.

Kadishubkominfo Pontianak, Utin Srilena menegaskan, bila ada sopir positif menggunakan zat adiktif, akan langsung diserahkan ke Badan Narkotika Nasional Kota Pontianak. Penggunaan zat adiktif terlarang merupakan masalah, sebab dapat menjadi pemicu terjadinya hal-hal tidak diinginkan saat berkendara.

“Bahaya kalau sopir menggunakan zat-zat berbahaya. Selain sopir, itu juga dapat membahayakan pengendara lain. Karenanya, selain razia dan pengecekan kendaraan, tes urine juga dilakukan,” katanya disela razia di Terminal Batu Layang, Rabu (22/6).

Tes urine kepada para sopir ini, baru pertama kali dilakukan. Dari 10 sopir yang dilakukan tes urine, tak satu pun positif mengandung zat adiktif.

Sebelumnya, pihaknya hanya melakukan penilangan yang bekerjasama dengan Satlantas Pontianak dan pengujian KIR, serta memeriksa kondisi kendaraan layak yang tak layak jalan. Sedikitnya, 18 pelanggaran ditemukan Dishub di razia pertama. Temuan pelanggaran seperti, kendaraan tak layak jalan dan KIR tidak ada.

Dalam razia kali ini, Utin menjelaskan, pihaknya tidak hanya fokus pada kendaraan umum. Namun juga kendaraan truk, karena tak ingin ada kendaraan tak layak jalan masuk dan beroperasi di Kota Pontianak. Masyarakat Pontianak harus nyaman dalam menggunakan jalan dan dapat mengurangi kecelakaan.

Diterangkannya pula, saat ini pengurusan KIR tak lama. Cukup datang ke kantor Dishubkominfo Pontianak, petugasnya akan segera mengurus dengan cepat. Utin pun memastikan tidak akan ada petugasnya yang “bermain” dalam uji KIR. Sebab, semua bisa langsung ia pantau melalui telepon genggamnya. (Agustiandi/Yuniar)

Related Posts