Inkoppol dan Kemendag Gelar Operasi Pasar Gula Murah

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Induk Koperasi Kepolisian (Inkoppol) dan Kementerian Perdagangan RI, menggelar operasi pasar  gula pasir murah di halaman Mapolda Kalbar, Kamis (23/6).

Ketua Inkoppol, Irjen Pol (purnawirawan) Mudji Waliyo mengatakan operasi pasar gula pasir dan berbagai kebutuhan pokok lainnya ini berdasarkan perintah Presiden Joko Widodo yang menginginkan berbagai kebutuhan pokok tersebut harganya turun dan murah sehingga terjangkau oleh masyarakat.

“Kami (Inkoppol) dan Kementerian Perdagangan, Induk Koperasi Karyawan (Inkopkar) TNI-AD serta pihak swasta ditunjuk untuk melakukan operasi pasar terhadap gula dan berbagai kebutuhan pokok lainnya, di seluruh wilayah Indonesia di luar Pulau Jawa, yang dilaksanakan mulai Juni hingga akhir tahun 2016,” ungkapnya.

Ia mengatakan, gula pasir yang dijual di pasar murah ini lebih murah dari yang ada di pasar yaitu, Rp12 ribu/kilogram, sementara di pasar Rp15 ribu/kilogram.

“Dan masing-masing kepala keluarga dijatah dua kilogram gula pasir. Kemudian ada paket sembako senilai Rp50 ribu tetapi dijual di operasi pasar ini seharga Rp25 ribu/paket,” katanya.

Ia menambahkan, Dalam operasi pasar, Inkoppol, Inkopkar dan Kemendag mendistribusikan sekitar 100 ribu ton gula ke sejumlah daerah di Indonesia di luar Pulau Jawa.

“Sementara di Kalbar berjumlah sekitar 100 ton, dengan harga yang dipatok tertinggi di kisaran Rp12 ribu/kilogramnya, dengan kualitas standar SNI,” ujarnya.

(Agustiandi/Dede)

Related Posts