Pemerintah Dorong Peternak Asuransikan Hewannya

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Untuk membantu para peternak hewan, Pemerintah akan membantu peternak untuk mengasuransikan hewan peliharaannya.

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Kapuas Hulu, Maryatiningsih mengatakan, tujuan asuransi ternak tersebut untuk memberikan perlindungan atas resiko kematian sapi karena penyakit hewan beranak dan kecelakaan serta hilang karena kecurian.

“Teknisnya dengan membagi resiko kerugian keuangan kepada pihak lain melalui skema pertanggungan asuransi berdasarkan syarat dan ketentuan perjanjian asuransi,” ujar Ningsih, Jumat (24/6).

Manfaat asuransi ternak tersebut, kata Ningsih, dapat memberikan ketentraman sehingga peternak dapat memusatkan perhatian pada pengelola usaha dengan lebih baik. Selain itu lanjutnya, pengalihan resiko dengan membayar premi yang relatif kecil peternak dapat memindahkan ketidakpastian resiko kerugian yang nilainya lebih besar.

“Asuransi ternak ini juga memberikan jaminan perlindungan dari resiko kematian dan kehilangan sapi, sehingga dapat mengatasi kerugian usaha,” ulasnya.

Adapun jumlah sapi yang akan diasuransikan, lanjutnya, sebanyak 120.000 ekor, dengan besaran premi asuransi diperkirakan 20 persen dari perkiraan harga sapi lokal sekitar Rp10 juta. Sementara bantuan premi dari pemerintah melalui APBN senilai 80 persen, sisanya premi swadaya sebesar 20 persen.

Ditambahkan dia, kriteria peternak peserta asuransi meliputi, peternak skala usaha kecil, peternak bersedia membayar premi swadaya sebesar 20 persen dari nilai premi, kemudian peternak yang mendapatkan fasilitasi indukan dari pemerintah, peternak yang tergabung dalam SPR, peternak sapi pembibitan atau pembiakan.

“Intinya bersedia memelihara ternak dengan baik dan memenuhi ketentuan polis asuransi,” tutupnya.

(Yohanes/Dede)

 

Related Posts