Geliat Penjual Kurma Pada Bulan Puasa

Pontianak, thetanjungpuratimes.com– Setiap bulan Ramadan para penjual kurma mulai membanjir di sejumlah tempat di kota Pontianak.

Salah satunya adalah Abdul, pedagang kurma yang ada di Jalan Ahmad Yani Pontianak.

Abdul mengatakan, sudah menjadi rutinitas baginya ketika bulan Ramadan berjualan Kurma. Ia mengatakan Kurma yang dijualnya ini didatangkan dari Timur Tengah.

“Ada kawan kerja di Madinah. Jadi untuk mendapatkan buah kurma ini tidak sulit,” jelasnya ketika ditemui di lapaknya, Sabtu (25/5).

Adapun kurma yang ia jual terdiri dari berbagai macam jenis yaitu Kurma Ajwa (kurma nabi) , Mabrum, Safawi, Sara, Kurma Madu,  Kurma Biji, Majol,  Ejiji, Rutab Merah, Rutab Hijau, Halawi dan Kurma Madu tanpa Biji.

Sementara, lanjut Abdul, untuk mengetahui jenis kurma pilihan yang akan dijualnya, Ia langsung memilih sampling Kurma yang sudah ditawarkan oleh penyalurnya.

“Saya sudah mendalami jenis – jenis kurma ini bahkan  ke kebun kurma dan ke pasar kurma langsung. Insya Allah tidak ada kurma yang palsu,” jelasnya.

Abdul mengatakan, dalam waktu lima belas hari setidaknya satu ton kurma laku terjual saat bulan Ramadan. Kurma Ajwa atau Kurma Nabi menjadi kurma yang menjadi favorit bagi warga untuk dibeli.

Selain rasanya yang manis dan lezat kurma dipercayai mampu menyembuhkan sejumlah penyakit dan baik untuk tubuh.

(Kurnia/Dede)

Related Posts