Polres Kapuas Hulu Berikan Bantuan Korban Banjir Tanjung Lokang

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Masyarakat korban bencana banjir bandang dan tanah longsor desa Tanjung Lokang, Kecamatan Putssibau Selatan kembali mendapatkan bantuan. Kalau sebelumnya dari Pemkab Kapuas Hulu, kali ini dari Polres Kapuas Hulu.

Kades Tanjung Lokang, Hermanto menuturkan apresiasinya atas bantuan yang diberikan Polres Kapuas Hulu. Dengan adanya bantuan tersebut akan sangat membantu masyarakat.

“Atas nama para korban, saya ucapkan terima kasih karena masyarakat, Pemkab Kapuas Hulu bahkan aparat keamanan sudah membantu kami,” ucapnya di Mapolres Kapuas Hulu, Senin (27/6).

Kades Tanjung Lokang menyebutkan, bantuan kali ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya Pemkab Kapuas Hulu sudah terlebih dahulu menyerahkan bantuan, tidak lama setelah bencana menimpa masyarakat Tanjung Lokang.

Akan tetapi, ungkap Hermanto masyarakat korban banjir bandang dan tanah longsor sangat membutuhkan penanganan kesehatan saat ini. Pasalnya para korban sudah banyak yang terserang penyakit demam, pilek, flu.

“Jadi kami memerlukan tenaga kesehatan di sana,” tegasnya.

Disis lain, kata Hermanto, kelistrikan menjadi kendala masyarakat Tanjung Lokang. Pasalnya pembangkit listrik tenaga mikro hidro yang dibangun pemerintah sudah luluh lantak dihantam banjir.

“Jadi sekarang kami disana sebagian menggunakan genset, sebagian pakai penerangan seadanya,” ucap Hermanto.

Sementara itu, AKBP Sudarmin Kapolres Kapuas Hulu mengatakan bantuan diberikan pihaknya adalah upaya spontanitas dari anggota Polres, sebagai bentuk kepedulian atas musibah tersebut. Adapun bantuan yang diberikan, kata Sudarmin, ialah berupa mi instan, beras, minyak goreng, pakaian, air mineral, makanan kaleng, sabun, pembalut, susu, gula, kopi dan uang Rp7,6 juta.

“Kami harapkan dengan bantuan ini masyarakat dapat terbantu dan ringanlah beban mereka dalam menghadapi musibah tersebut,” ujarnya.

Lanjut Sudarmin, untuk pengiriman bantuan tersebut akan dilakukan pada hari ini sambil mencari tranportasinya.

“Kalau tidak hari ini kami salurkan, kemungkinan besok barang ini sudah sampai ke masyarakat,” tutupnya.

(yohanes/Dede)

 

 

Related Posts