Safari Ramadan Mapala Argadipa IAIN Pontianak

Mapala Argadipa IAIN Pontianak

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Dalam rangka mempererat ukhuwah islamiyah dengan masyarakat, sejumlah Dewan Pengurus Harian beserta anggota Mapala Argadipa IAIN Pontianak, menggelar safari ramadan 1437 hijriah di Kabupaten Mempawah, desa Parit Kabayan, Wajok hilir.

Menurut Wakil Ketua Umum Mapala Argadipa IAIN Pontianak, Fahriansyah, kegiatan safari ramadan yang dilakukan ini merupakan agenda rutin  setiap bulan suci ramadan, dan untuk tahun ini kegiatannya difokuskan di Kabupaten Mempawah.

“Dalam kegiatan safari ramadan 1437 hijriah yang dilaksanakan selama tiga hari ini, selain untuk menjalin silahturahmi dengan masyarakat, kegiatan ini juga merupakan satu kegiatan rutin tahunan yang selalu kita lakukan,” katanya saat dijumpai di base camp Mapala IAIN, Senin (27/06).

Untuk tahun ini, katanya, ada beberapa kegiatan akan dilakukan di tempat safari ramadan. Antara lain menjadi imam pada saat salat tarawih, mengisi kultum tarawih dan salat shubuh, tadarusan, mengajar mengaji, diskusi tentang lingkungan, promosi kampus serta membagikan baju-baju layak pakai serta kegiatan sosial lainnya.

Ditambahkan Ramadani selaku Dewan penasehat organisasi Mapala yang berharap program positif seperti itu dapat terus dilakukan, sehingga keberadaan seorang pencinta alam tidak hanya dikenal dengan kehebatan mereka mendaki gunung, dan menempuh rimba saja, akan tetapi keberadaan mereka juga di rasakan langsung manfaat oleh masyarakat.

“Setidaknya ilmu yang di dapat di bangku kuliah serta ilmu ke pencinta alaman dapat bersinergis bersama,” ungkap.

Sementara itu Ketua Masjid Nurul Ikhlas, Jailani, sangat menyambut baik dan sangat bangga dengan kegiatan yang di lakukan oleh anak-anak Mapala Argadipa IAIN, walaupun mereka pencinta alam namun rasa kepedulian sosial mereka cukup tinggi

“Kami merasa sangat bangga dengan kehadiran anggota mapala Argadipa ke desa kami, walaupun hanya tiga hari, namun banyak hal positif yang mereka lakukan di sini, selain mengisi kegiatan di masjid, mereka juga mengajak warga dan remaja sekitar untuk membersihkan lingkungan sekitar masjid serta juga memberikan pemahaman akan pentingnya menjaga lingkungan alam sekitarnya,” ucapnya.

Dengan kegiatan safari ramadan yang dilakukan unit kegiatan mahasiswa pencinta alam argadipa IAIN Pontianak ke Kabupaten Mempawah ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi besar terhadap nama baik almamater serta nama organisasi mereka ke depannya.

(Faisal/Dede)

Related Posts