Dinas Kesehatan Nyatakan Pontianak Bebas Vaksin Palsu

Kepala Dinas Kesehatan Pontianak, Sidiq Handanu

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Dinas Kesehatan Kota Pontianak menyatakan kota Pontianak bebas dari vaksin palsu.

Kepala Dinas Kesehatan, Sidik Handanu menuturkan vaksin wajib yang ada di Kota Pontianak, saat ini diproduksi oleh Indo Farma, yang telah diawasi oleh pemerintah dan dijamin keamanannya.

Sementara untuk vaksin yang tidak wajib, yang dimiliki oleh swasta, ujar dia, berasal dari distributor Anugerah Palmindo Lestrari  (APL).

“Sudah kita cek, dari data-data ini kita bisa menunjukkan bahwa kita tidak terindikasi vaksin palsu,” kata dia ketika ditemui, Selasa (28/6).

Berdasarkan keterangan Kemenkes, kata Sidiq, ada enam provinsi yang terindikasi beredarnya vaksin palsu, namun Kalbar tidak termasuk dalam enam provinsi tersebut.

Namun, Ia menambahkan agar tidak kecolongan pihaknya saat ini sudah bergerak mencari informasi guna mencegah beredarnya vaksin palsu tersebut.

Ia mengatakan sejak awal vaksin palsu tersebut terindikasi beredar, pihaknya langsung melakukan pengecekan terahadap distributor resmi vaksin di Kota Pontianak, termasuk kemana saja vaksin itu didistribusikan.

“Kita mengimbau kepada para orangtua untuk tidak takut memberikan vaksin anaknya, untuk Kota Pontianak kita jamin aman,” pungkasnya.

(Agus/Dede)

Related Posts