Pemkab Kapuas Hulu Selalu Perhatikan Rumah Ibadah

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Sekertaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Ir. H. Mumamad Sukri mengatakan, pemerintah daerah (Pemda) selalu mensuport pembangunan sarana pra-sarana tempat ibadah. Bantuan tersebut diberikan secara bergilir ke rumah-rumah ibadah yang membutuhkan.

“Setiap tahunnya pasti dianggarkan untuk pembangunan rumah ibadah oleh Pemda,” tuturnya disela kegiatan Safari Ramadan di Masjid Al Islah Boyan Tanjung.

Menurut Sekda, Pemda Kapuas Hulu tidak diperbolehkan untuk memberikan bantuan baik kepada yayasan atau tempat ibadah setiap tahun berturut-turut, karena akan menjadi temuan.

“Jadi untuk membantu masjid, harus ada jeda waktu setahun. Masjid ini sudah megah, hanya saja belum rampung, sehingga perlu perhatian kita semua. Kami pemerintah daerah selalu mensuport,” jelasnya.

Pembangun rumah ibadah ini, kata Sekda merupakan tanggungjawab bersama. Untuk itu, semua pihak harus peduli. Misalkan pembangunan masjid, siapa pun dapat berpartisipasi membangunnya melalui infak, sadakah dan lainnya.

“Kita jangan hanya memikirkan bangunan masjid yang megah saja, melainkan juga harus memelihara dan memakmurkan masjid yang kita bangun, jangan sampai masjid megah tapi miskin kegiatan agama didalamnya,” tegas Sekda.

Jika masjid sudah terlihat megah, kemudian amalan wajib salat lima waktu tidak dilaksanakan dan masjid menjadi sepi, maka masyarakat muslim setempat akan berdosa.

Terkait dengan acara safari Ramadan, Pengurus Masjid Al- Islah H. Andi Mulyadi berterima kasih atas kunjungan yang dilakukan Pemda Kapuas Hulu.

Andi mengaku hal ini menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Kecamatan Boyan Tanjung yang mendapat kunjungan dari rombongan Pemda Kapuas Hulu.

“Kami sangat senang dengan silaturahmi rombongan Pemda ke tempat kami ini, dan kami minta maaf jika dalam pelayanan kami tidak seperti yang diharapkan,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini masjid Al- Islah masih dalam masa pembangunan, sehingga kondisinya masih berantakan dan sangat sederhana sekali.

“Kami berharap pemda dapat membantu dan mensuport kami dalam membangun masjid ini. Kami berharap tahun depan, ketika rombongan Pemda datang kesini, kondisi masjid sudah dalam keadaan baik,” tuturnya.

Seketaris Muhammadiyah Daerah Kapuas Hulu, M. Hamid mengatakan, Safari Ramadan sangat penting diadakan guna menyambung silaturahmi kepada seluruh umat muslim yang ada khususnya di Kapuas Hulu.

“Ini untuk penguatan Ukhawah Islamiyah antar umat dan antar golongan,” katanya.

Ia berharap dengan kegiatan tersebut, kedepannya akan tumbuh kualitas umat Islam secara harmonis, mengingat selama ini sering terjadi gesekan antar golongan dan organisasi.

Pengrus Ikatan Dakwah Indonesia (Ikadi) Kapuas Hulu Bidang Dakwah dan Pendidikan, Baco Maiwa mengatakan, menjalin silaturahmi itu sangat penting dilakukan, mengingat setiap muslim itu bersaudara.

“Ini sebagai upaya untuk mempererat tali persaudaraan umat muslim,” tutupnya. (Yohanes/Yuniar)

Related Posts