Pilot Tiga Maskapai di Test Urine

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat melakukan test urine terhadap pilot yang ada di bandara Supadio Pontianak, Kamis (30/6).

“Para pilot ini sudah diperiksa, selanjutnya akan diatur lagi mekanismenye,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Barat, Antoni.

Menurutnya, jika tetap dipaksakan semua pilot harus diperiksa urinenya, maka dikhawatirkan akan lama dan terjadi delay, yang seharusnya hal itu tidak boleh terjadi.

“Karena arus angkutan udara cukup padat, ditambah mereka hanya memiliki waktu yang sangat singkat,” jelasnya.

Dalam melakukan test urine kali ini, pihaknya menggandeng BNNP yang difasilitasi oleh pihak Angkasapura, dan berharap semua berjalan dengan baik, sehingga tidak ditemukan adanya indikasi-indikasi pilot yang mengkonsumsi narkoba.

Ada tiga maskapai yang pilotnya diperiksa yaitu Garuda, Sriwijaya, dan Kal Star, yang mana pada saat diperiksa hasilnya negatif alias tidak ditemukan zat narkoba di tubuh pilot tersebut.

Ditempat yang sama, GM PT Angkasapura II, Bayuh Iwantoro menyebutkan jika test urine dilakukan secara rendem oleh BNNP kepada kru penerbang. Apalagi di musim menjelang lebaran seperti sekarang ini, kesehatan kru harus dijaga untuk memberikan keamanan kepada penumpang pesawat. (Faisal/Yuniar)

Related Posts