Safari Ramadan, Edi Kamtono Ajak Warga Temukan Malam Lailatul Qadar

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Masjid Nurul Hamid, Jalan Kom Yos Sudarso Kelurahan Sungai Beliung, Kecamatan Pontianak Barat, menjadi tujuan Safari Ramadan Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Rabu (29/6) malam.

Hari ke-24 bulan Ramadan ini, ia menyampaikan tausiyah singkat sebelum melaksanakan Salat Tarawih berjamaah.

Dalam tausiyahnya, Edi menjelaskan, keutamaan bulan suci Ramadan di mana ada satu malam istimewa yang dinanti-nantikan oleh umat Islam yakni malam lailatul qadar atau malam kemuliaan.

“Pada malam-malam sepuluh terakhir, sangat besar kemungkinan salah satu di antaranya adalah malam lailatul qadar, suatu malam penuh barakah yang lebih baik daripada seribu bulan,” jelasnya.

Menurutnya, pahala atau amalan pada malam yang barakah itu setara dengan pahala amalan yang dikerjakan selama seribu bulan.

“Artinya amalan yang kita lakukan itu sama dengan kita mengerjakannya selama 83 tahun lebih,” terang Edi.

Pada malam yang ditunggu-tunggu itu, ujar dia, para malaikat turun ke bumi. Lailatul qadar terjadi setiap tahun di bulan Ramadan dan berpindah-pindah di antara malam-malam ganjil sepuluh hari terakhir bulan Ramadan tersebut sesuai dengan kehendak Allah Yang Maha Kuasa.

“Mari kita perbanyak amal ibadah kita, dan mudah-mudahan kita semua mendapatkan malam lailatul qadar,” ucapnya.

Selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pontianak, Edi juga mengimbau para jamaah memanfaatkan fungsi masjid semaksimal mungkin. Tidak hanya sebagai sarana beribadah, tetapi juga fungsi-fungsi lain seperti pendidikan maupun kegiatan sosial lainnya.

Saat ini, jumlah masjid se-Kota Pontianak sudah mencapai 315 masjid. Ia berharap para jamaah untuk memakmurkan masjid supaya Kota Pontianak selalu mendapat rahmat dan berkah dari Allah, SWT.

(Agustiandi/Dede)

Related Posts