Jumlah Penumpang di Bandara Supadio Pontianak Mulai Meningkat

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Otoritas bandara Supadio Pontianak mencatat lonjakan penumpang sudah mulai terjadi dua pekan menjelang lebaran.

“Lonjakan penumpang pada saat H-12 berkisar antara 30 sampai 40 persen, dan kemarin sudah menembus angka 10 ribu lebih, baik yang berangkat dari Pontianak, maupun yang datang ke Pontianak,” ujar Bayuh saat ditemui, Jumat (1/7).

Bayuh memperkirakan, untuk puncak lonjakan penumpang akan terjadi pada H-3 sampai H-1 jelang lebaran. Sedangkan rute yang sangat sibuk, kata dia, adalah dari Pontianak ke Jakarta, serta Pontianak ke Surabaya.

“Bandara Supadio melayani sembilan rute penerbangan domestik, dan 2 rute penerbangan internasional,” imbuhnya.

Untuk meningkatkan keamanan selama arus mudik, ujar Bayuh, sejumlah perbaikan pun sudah dilakukan, seperti sistem parkir yang baik, pembenahan terminal serta pemantapan landasan.

“Kita juga mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada yaitu dengan beberapa penambahan yang berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI AU untuk melakukan pengawasan, dan pemeriksaan keamanan, serta mekanisme SOP yang secara konsisten juga harus dijalankan,” terangnya.

Diakuinya masih ada sejumlah titik yang menjadi kekurangan dalam hal pelayanan kepada penumpang seperti permasalahan keluar masuknya barang di bagasi yang ada di terminal penumpang.

“Tetapi kita sudah melakukan koordinasi dengan maskapai agar keluarnya barang dari bagasi bisa lebih cepat lagi yaitu di bawah 20 menit, dan Alhamdulillah sekarang sudah baik sesuai dengan target yaitu di bawah 20 menit,” pungkasnya.

(Faisal/Dede)

Related Posts