BMKG Maritim Pontianak Prakirakan Cuaca di Perairan Kalbar Aman

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Maritim Pontianak mencatat cuaca  di perairan Kalimantan Barat dalam beberapa hari kedepan akan baik.

Prakirawan BMKG Maritim Pontianak, Riza Juniarti ketika ditemui, Jumat (1/7) mengatakan, wilayah perairan Kalbar dan Jawa untuk saat ini masih dikatakan aman. Belum ada potensi  pertumbuhan awan hujan seperti Cumolonimbus atau awan hitam yang dapat menyebabkan cuaca buruk hingga menyebabkan gelombang tinggi.

“Untuk lima hari ke depan perairan Kalbar dan Jawa gelombang masih di bawah dua meter serta untuk cuacanya sendiri cenderung berawan,” jelas dia.

Meskipun potensi cuaca buruk belum ada, menurut Riza, nelayan maupun masyarakat yang hendak melaut diimbau tetap waspada akan potensi cuaca yang akan berubah-ubah. BMKG, lanjut dia sudah mengkategorikan beberapa macam tinggi gelombang untuk wilayah perairan yang ada di Indonesia.

“Untuk gelombang di bawah satu meter masih dalam kategori aman, satu meter hingga dua setengah meter masuk ke  gelombang sedang serta di atas dua setengah meter sudah dapat dikatakan gelombang tinggi,” pungkasnya.

(Kurnia/Dede)

Related Posts