Alwi, Bocah 11 Tahun Jadi Tulang Punggung Keluarga

Sambas, thetanjungpuratimes.com-Nasib miris yang menimpa anak-anak di Indonesia turut dialami oleh salahsatu anak di Kabupaten Sambas, seperti yang dialami oleh Alwi, bocah 11 tahun yang berasal dari Rantau Panjang, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas.

Seperti diunggah oleh pemilik akun Engku Dzalel di media sosial, pada grup Aspirasi Masyarakat Kabupaten Sambas (AMKS), bocah tersebut mengayuh sepeda dengan menempuh jarak puluhan kilometer dan menyeberangi aliran sungai Sambas besar, untuk berjualan sayur di Kecamatan Teluk Keramat.

“ALWI (11 TAHUN) BOCAH YANG MENJADI TULANG PUNGGUNG KELUARGA. Salut dan terharu ketika melihat perjuangan anak sekecil ini mencari rejeki untuk membantu perekonomian keluarga,” tulis Engku Dzale.

Panas dan jarak yang jauh tidak sedikitpun mengurangi semangatnya. Setiap hari mengayuh sepeda dari rantau panjang (Sebawi)-Sungai Baru (Teluk Keramat) untuk berjualan sayur dengan sepeda bututnya.

Alwi, bocah 11 tahun asal rantau panjang ini harus merelakan masa indah yang dialami anak-anak seusianya, tiada waktu lagi untuk bermain. Bahkan sekolah pun harus putus di kelas 1 SD.

Anak pertama dari 5 bersaudara ini bukan tanpa alasan putus sekolah. Ayahnya sakit (patah kaki akibat tertimpa kayu) dan ibunya harus merantau ke negeri jiran.

“Alwi, sungguh keras dunia yang ditempuhnya. Entah masa depan seperti apa yang akan di alaminya. Setiap hari berjualan tapi tak ada keluhan yang terpancar di wajahnya. Baginya hanya satu tujuan yang harus dicapainya setiap hari. Yaitu barang dagangannya habis terjual. Karena hanya itu yang bisa di bawanya pulang untuk keluarga kecilnya. Alwi, semoga rezeki mu dimurahkan selalu,” tulis Engku Dzalel.

Unggahan Engku Dzalel tersebut mendapat banyak komentar, seperti ditulis oleh pemilik akun Romaja Juang Juang. “Semangat nak, sukses bukan sepenuhnye milik orang pintar dan cerdas, sukses milik orang yg berusaha untuk menggapainye,” tulisnya.

Sementara pemilik akun Yudi Siswanto menyarankan melakukan penggalangan dana, “Boleh galang dana untuk koin peduli lebaran untuk dek alwi,” tulisnya yang disambut baik oleh pemilik akun yang lain.

(Gindra/Muhammad)

Related Posts