Gempa Juga Pernah Terjadi di Bengkayang

Gempa Bumi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com-Stasiun Meteorologi dan Geofisika Bandara Supadio Pontianak juga pernah mencatat terjadinya gempa di wilayah pesisir Kabupaten Bengkayang dan sekitarnya, pada Kamis (14/5/2015).

“Gempa terjadi di 33 km barat daya Singkawang dengan kekuatan 4,2 skala richter pukul 17.25.05 dengan lokasi 0.61 lintang utara 108.86 bujur timur di kedalaman 11 km karena adanya patahan lempengan,” kata forecaster Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak, Herly.

Dia mengatakan, penyebab utama adanya gempa ini, karena adanya pelepasan energi dalam bumi sehingga terasa getaran.

“Untuk gempa yang terjadi tadi sore, saat ini belum ada potensi tsunami ataupun gelombang besar, dari BMKG sendiri akan mengeluarkan peringatan jika memang berpotensi terjadi hal tersebut,” kata Herly pada saat itu.

Sebelumnya diberitakan, sebagian masyarakat di pesisir Kabupaten Bengkayang heboh akibat getaran seperti gempa yang terjadi Kamis (14/5/2015) sekitar pukul 17.25 WIB. Getaran ini diduga bersumber dari gempa berkekuatan sedang.

Getaran yang dirasakan masyarakat di pesisir Kabupaten Bengkayang, Kamis (14/5/2015) sore bukan yang pertama kalinya terjadi di daerah ini. Sebab pada 23 Agustus 2011 kepanikan luar biasa juga melanda warga di Kota Singkawang dan Kabupaten Bengkayang. Saat itu, mereka merasakan bumi bergoyang puluhan detik. Sebagian berhamburan keluar rumah atau gedung untuk menyelamatkan diri.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Supadio Pontianak, saat itu memastikan goyangan yang terasa di Singkawang dan Bengkayang adalah gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,4 pada Skala Richter (SR).

(pontianak.tribunnews.com/Muhammad)

Related Posts