Angkasawan Multibangsa Menuju Stasiun Luar Angkasa

Kazakstan, thetanjungpuratimes.com – Tiga orang antariksawan multibangsa menumpang roket Soyuz Rusia meluncur ke luar angkasa untuk perjalanan dua hari ke stasiun luar angkasa internasional, Kamis (7/7), seperti yang ditayangkan oleh siaran televisi NASA.

Seorang astronot dari Badan Antariksa Nasional (NASA) Amerika Serikat, Kathleen “Kate” Rubins, bersama kosmonot Rusia Anatoly Ivanishin dan astronot Jepang Takuya Onishi meninggalkan Baikonur Cosmodrome pada Kamis pulu 01.36 GMT.

Para antariksawan itu diharapkan tiba di stasiun luar angkasa internasional yang berada pada orbitnmya sekitar 400 km di atas bumi pada Jumat untuk mengawali misi selama empat bulan.

Rub ins, Ivanishin dan Onishi akan bergabung dengan astronot NAA dan komandan stasiun luar angkasa Jeff William serta dua orang kosmonot Rusia yang sudah di orbit itu sejak Maret.

Peluncuran pada Rabu itu menandai penerbangan perdana pesawat kapsul ulang-alik Soyuz generasi baru, satu-satunya kendaraan yang dapat membawa astronot dan kosmonot dari dan menuju stasiun, yang dibangun dengan dana 100 miliar dolar sebagai proyek 15 negara.

NASA akan mulai kembali menerbangkan para antariksawan dari AS pada 2018 dengan naik pesawat kapsul buatan Boeing dan memiliki teknologi kendaraan luar angkasa Space Exploration Technologies atau SpaceX.

(Ant/Dede)

Related Posts