Petugas PPLB Badau Tetap Bertugas Selama Lebaran

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Petugas di pintu Pos Penjagaan Lintas Batas (PPLB) Nanga Badau dan Bandara Pangsuma tidak libur selama Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

“Memang tidak libur, jam kerja masih sama, buka gerbang jam 5 pagi dan tutupnya jam 5 sore. Pengamanan selama puasa tetap sama. Hari raya pun kami tetap kerja,” kata Indra Mustika, Kepala Kantor Pemeriksaan dan Pengawasan Bea dan Cukai Nanga Badau, saat ditemui di kantornya, Minggu (10/7).

Indra mengatakan Petugas PPLB lain juga tidak libur. Petugas PPLB terus bekerja tujuannya agar mempermudah masyarakat jual barang ke Malayasia, disamping saling mengunjungi keluarga.

“Kita lihat mayoritas masyarakatnya ada hubungan keluarga di perbatasan ini,” tegasnya.

Menurut Indra, masyarakat perbatasan Kapuas Hulu selama ini lebih dominan menjual hasil perikanan air tawar kemudian sebagian lainnya komoditi lada. Penjualan itu masih sekala kecil.

“Masyarakat jualnya pun ada yang masih segar, ada yang sudah diolah, kalau untuk ikan. Kalau untuk komoditi lada, memang pakai goni,” tuturnya.

Disamping berjualan, lanjut Indra, masyarakat perbatasan juga membeli kebutuhannya dari daerah perbatasan Malaysia.  Belanja mereka memang harus di bawah 600 RM, kalkulasi selama satu bulan. Ini aturan border trade agreement tahun 1970 yang berlaku untuk kecamatan Embaloh Hulu, Batang Lupar, Badau, Empanang dan Puring Kencana.

“Jadi masyarakat bisa membeli gula atau beras juga boleh, selama itu untuk kebutuhan pribadi masyarakat, bukan untuk di jual lagi ke Putussibau atau Sintang,” tegasnya.

Kalau jatah belanja 600 RM masyarakat perbatasan sudah lewat, mereka bulan depan baru bisa lagi berbelanja. Kalau tetap dipaksakan dan ditemukan Petugas Bea dan Cukai ada kelebihan belanja, kata Indra tentu disuruh kembalikan ke Malaysia.

“Setiap masyarakat masuk nota belanja mereka akan diperksa. Kita juga akan periksa terkait narkoba, minuman beralkohol atau komoditi yang dilarang sesuai aturan negara, khususnya kepabeanan,” ujar Indra.

(yohanes/Dede)

Related Posts