Sidak Hari Pertama Kerja, Wabup Kapuas Hulu Dapati Sejumlah Kepala Dinas Bolos

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Untuk memastikan pelayanan pemerintahan terhadap masyarakat Kapuas Hulu kembali normal, Wakil Bupati (Wabup) Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah SKPD yang ada di sekitar Setda Kapuas Hulu, Senin (11/7) pagi.

Dalam sidak yang didampingi Kepala BKD Sarbani dan beberapa stafnya pria yang sang akrab disapa Anton itu menemukan ada beberapa kepala dinas dan staf yang belum masuk pada hari pertama kerja, setelah sepekan libur panjang Idul Fitri 1437 H.

“Kita sangat kecewa sekali, karena pemerintah telah memberikan perhatian penuh dengan gaji 13-14, lalu libur satu minggu juga dikasi. Setelah dapat perhatian begitu seharusnya menjalankan tanggung jawab bisa sesuai jadwal,” tegasnya.

Menurut dia, sebagian oknum ASN (Aparatur Sipil Negara) yang melalaikan tugas itu masih berpikir untuk pribadinya sendiri, bukan memandang dirinya sebagai ASN yang harus memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat.

Maka dari itu Anton menilai perlu tindakan tegas terhadap ASN yang bersangkutan, terutama pimpinan SKPD selaku pengambil kebijakan, karena dalam undang-undang ASN sudah diatur sanksinya seperti apa.

“Pemerintah punya aturan tersendiri menindah ASN yang lalai, kalau teguran itu pasti ada. Kita tidak boleh tidak masuk kerja, kecuali ada urusan penting atas persetujuan pimpinan,” ungkap Wabup.

Disisi lain, Wabup menambahkan, ada juga ASN yang bertanggung jawab. Tidak bisa semua disama ratakan.

“Saya melihat ada SKPD yang taat dengan aturan, full masuk sesuai absen. Adapula yang memang sebagian besar belum masuk,” ujarnya.

Anton pun meminta agar hasil Sidaknya harus dijadikan evaluasi ke depan, terutama penerapan sanksi untuk ASN.

“Ke depan sanksi pasti, karena kalau tidak di sanksi, hanya omongan saja  tidak bermanfaat. Ini akan kita evaluasi,” tegas Wabup.

SKPD yang pertama dikunjungi Wabup yaitu, Bappeda disana Wabup melihat minim ASN yang masuk, pimpinan SKPD juga tidak berada di tempat. Sementara di Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Wabup dan rombongan diterima Kepala Dinas, Nusantara Gawat beserta staf. Kemudian di Disdukcapil Wabup diterima para Kabid dan staf.

Sementara di Inspektorat Wabup diterima Inspekturnya, Syafaruddin, di Dinas Perikanan diterima Kepala Dinas, Roni Januardi dan berakhir di Dinas Perkebunan dan Kehutanan wabup disambut sejumlah Kasi, Kabid dan para staf.

(Yohanes/Dede)

Related Posts