SMKN 4 Pontianak Sediakan 549 Kursi Bagi Siswa Baru

Pontianak, thetanjungpuratimes.com –  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 yang terletak di jalan Kom Yos Sudarso, Kecamatan Pontianak Barat, Senin (11/7) pagi dipadati ratusan orangtua dan wali yang mendaftarkan anaknya ke sekolah tersebut.

“Memang di sekolah kami ini setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan peminat dari calon siswa. Besarnya antusiasme para calon siswi ini dapat kita lihat di hari pertama di perkirakan lebih dari 300 orang yang mendaftarkan diri,” ungkap Haryanto, Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Negeri 4, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (11/7).

Dia menjelaskan, tahun ini SMK 4 Pontianak telah menyiapkan 549 kursi untuk menampung penerimaan siswa baru.

“Iya kita menargetkan 17 rombongan belajar (Robel) atau 17 kelas dengan jumlah 549 siswa yang diterima secara online. Dari jumlah tersenut rata-rata setiap kelas akan kita isi dengan 36 siswa baru dan ini akan ditambah dengan jumlah siswa yang tidak naik tahun di tahun lalu,” tuturnya.

Besarnya minat siswa yang mendaftarkan ke SMKN 4, lanjut dia, membuat panitia penerimaan siswa baru membuka pendaftaran hingga dua hari ke depan. Pandaftaran tersebut dimulai dari Senin (11/7) hingga Rabu (13/7). Dan bagi siswa yang dinyatakan diterima maka para siswa tersebut akan melakukan daftar ulang pada hari Senin (18/7).

“Untuk kelulusan dan diterimanya para calon siswa yang telah mendaftar di sekolah kami dapat melihat langsung di web http://pontianak.siap-ppdb.com karena inikan secara online dan yang menentukan kelulusan calon siswa ini dari PPDB bukan kami yang menentukannya,” ungkapnya.

Sementara itu, lanjut Haryanto, SMK Negeri 4 Pontianak telah membuka 13 kompetensi keahlian atau jurusan. Jurusan tersebut yakni tehnik konstruksi gedung, teknik survei dan pemetaan (geomatika), teknik gambar sipil arsitektur, teknik pendingin dan tata udara, teknik instalasi tenaga listrik, tehnik elektronika aodio video, teknik elektronika industri, tehnik pemesinan, teknik las dan fabrikasi logam, teknik otomotif kendaraan ringan, teknik komputer dan jaringan, teknik sepeda motor dan teknik kimia analis.

“Kami mempersilahkan para calon siswa baru ini untuk memilih jurusan yang mereka kehendaki. Dan mereka juga dapat memilih sekolah lain walaupun mendaftarnya di SMK 4 ini. Jadi nantinya mereka ini akan diseleksi dan dilihat dari hasil nilai NEMnya masing-masing. Sehingga jika mereka tidak diterima di sekolah kami mereka bisa diterima di sekolah lain,” pungkasnya.

(Slamet Ardiansyah/Dede)

Related Posts