BLH Kubu Raya Buka Posko Pengaduan Masalah Lingkungan

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kubu Raya membuka posko pengaduan dan penanganan lingkungan yang dipusatkan di Kantor BLH di Jalan Adi Sucipto, Kecamatan Sui Raya.

Kepala BLH Kubu Raya, Nendar Suhaeri menyebutkan posko itu berfungsi untuk menangani berbagai kasus lingkungan di Kubu Raya yang dilaporkan oleh masyarakat.

“Kita berharap adanya posko dapat menekan berbagai kasus – kasus lingkungan hidup di Kubu Raya. Apalagi kalau kita lihat selama ini banyak kasus-kasus lingkungan sering mencuat di Kubu Raya namun sedikit yang mendapat perhatian serius bahkan isunya bisa kalah dengan berita selebritis,” ucapnya di Sungai Raya, Selasa (12/7).

Padahal kata Nendar, terkait permasalahan lingkungan sangat penting. Terlebih masyarakat dunia dikhawatirkan dengan global warming atau pemanasan global, sehingga tidak heran cuaca yang terjadi kerap menjadi ekstrim.

Nendar mencontohkan yang saat ini menjadi perhatian serius pemerintah yakni kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Kerugian yang ditimbulkan multi effect, mulai dari kualitas udara, sosial budaya, hukum hingga ekonomi.

“Di samping itu terkait dengan Amdal maupun dokumen lingkungan yang diabaikan oleh masyarakat maupun pelaku usaha. Sehingga tak jarang akhirnya menimbulkan bencana seperti kerusakan lingkungan, banjir, penyakit, maupun pencemaran lingkungan,” tuturnya.

Karena itu dikatakan Nendar, dengan adanya Posko Pengaduan dan Penanganan Lingkungan diharapkan dapat meminimalisasi terjadinya kasus-kasus lingkungan.

“Peran masyarakat untuk membantu kami menangani kasus lingkungan dengan melaporkannya ke Posko sangat kita harapkan mengingat keterbatasan personil yang ada. Tentunya, laporan-laporan itu akan ditampung dan disaring untuk di cek kebenarannya,” ujarnya.

(Faisal/Dede)

Related Posts